Kali ini saya mau memberikan contoh RPP KTSP SD KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 2.
Semoga postingan saya ini bisa membantu anda para Guru untuk menyelesaikan tugas administrasi sekolah anda.
Di bawah ini adalah salah satu contoh RPP kelas 5.
Link download untuk RPP KTSP SD KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 2 ada di bawah postingan ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.1.
Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengetahui batas
utara, selatan, timur, dan barat NKRI. ( NK. Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban
dirinya dan orang lain )
§ Siswa dapat mengetahui luas
wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya. ( NK. Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan
meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar )
§ Siswa dapat memahami tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
darat NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
laut NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
udara NKRI.
v
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Demokratis, Rasa ingin tahu.
v
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani
mengambil resiko
B. Materi Ajar
§ Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
Indonesia
merupakan negara
kepulauan. Pulau-pulau di Indonesia
bermacam-macam ukuran. Ada yang
sangat besar, ada yang sedang, ada yang
kecil, dan ada pula
yang sangat kecil. Di
antara pulau-pulau besar itu antara lain
Papua, Sulawesi, Kalimantan,
Jawa, dan
Sumatra. Pulau-pulau ini termasuk pulau-
pulau terbesar di dunia. Jumlah pulau
yang lebih kecil lebih banyak lagi. Di
antaranya adalah Nias, Siberut, Bangka,
Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores,
Ambon, Halmahera,
dan masih banyak
lagi.
Ada beberapa pulau kecil yang tidak
berpenghuni. Jumlahnya mencapai 6.000 Gambar
: Indonesia
adalah negara
pulau. Pulau terpadat penduduknya
adalah pulau Jawa. Lebih dari separu
dengan pulau terbanyak di dunia.
penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa.
Meski demikian, ada beberapa
pulau kecil yang belum memiliki nama.
Beribu-ribu pulau di Indonesia
dipisahkan
oleh lautan dan selat.
Indonesia terletak di benua Asia, tepatnya
di Asia Tenggara.
Wilayah Indo nesia berada di 6 lintang
utara (LU)
lintang selatan (LS) dan 95 bujur timur
(BT) – 141 bujur timur (BT).
Wilayah Indonesia dilewati oleh garis
katulistiwa. Oleh karena itu, Indonesia
memiliki dua musim. Yakni musim penghujan
dan musim kemarau.
Indonesia diapit oleh dua benua, yakni benua Asia dan Australia.
Benua
Asia terletak di sebelah utara Indonesia.
Adapun benua Australia
berada di
selatan Indonesia.
Indonesia
juga diapit oleh dua samudra. Yakni samudra Hindia dan
samudra Pasifik. Samudra Hindia terletak
di sebelah selatan dan barat daya
Indonesia.
Adapun samudra Pasifik terletak di sebelah timur Indonesia.
Selain itu, Indonesia juga dikelilingi oleh
negara-negara tetangga. Di
sebelah utara, terdapat negara Malaysia,
Brunei Darussalam, dan Filipina.
Di sebelah timur terdapat negara Papua
Nugini. Di sebelah selatan terdapat
negara Timor Leste dan Australia.
Wilayah lautan Indonesia lebih luas daripada
daratan. Oleh karena itu,
Indonesia disebut negara maritim. Luas
lautan Indonesia mencapai 70% dari
seluruh luas wilayah Indonesia. Artinya,
luas daratan Indonesia hanya 30%
dari keseluruhan luas Indonesia.
§ Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
Bentangan wilayah Indonesia
amatlah luas. Wilayah Indonesia
meliputi
daratan, lautan, dan udara. Indonesia
termasuk sepuluh negara yang memiliki
wilayah paling luas di dunia. Hal ini
tentu saja sangat membanggakan
kita.
Wilayah seluas itu tentu saja perlu
dijaga. Untuk itu, pemerintah membentuk
Tentara Nasional Indonesia
(TNI). TNI bertugas menjaga seluruh wilayah
Indonesia.
Bila terjadi serangan, TNI maju ke depan untuk mempertahankan
negara kita. TNI akan berjuang sekuat
tenaga demi nusa dan bangsa.
Untuk menjaga wilayah daratan,
Indonesia memiliki TNI Angkatan Darat
(TNI-AD). Untuk menjaga wilayah lautan,
Indonesia memiliki TNI Angkatan
Laut (TNI-AL). Untuk menjaga wilayah
udara, Indonesia memiliki TNI Angkatan
Udara (TNI-AU).
Menjaga keutuhan wilayah yang begitu
luas tentu tidak mudah. Menjaga
wilayah Indonesia bukan hanya tugas TNI.
Kita semua wajib turut serta menjaga
Indonesia.
Untuk itu, masyarakat juga membentuk sistem keamanan.
Di desa-desa, kita mengenal linmas
(perlindungan masyarakat). Tugasnya
adalah menjaga keamanan di wilayah
masing-masing.
Selain itu,
masyarakat juga membentuk
siskamling (sistem keamanan
lingkungan). Anggota siskamling
dibentuk dari warga setempat. Mereka
menjaga keamanan wilayah masingmasing.
Mereka mendirikan pos-pos
ronda. Mereka melakukan ronda,
mengelilingi kampung setiap malam.
Inilah bentuk partisipasi masyarakat
dalam menjaga keutuhan NKRI.
Dengan menjaganya, Indonesia Gambar
: Pesawat tempur digunakan TNI-AU untuk menjaga wilayah udara RI
akan tetap bersatu. Bayangkan jika
Indonesia
terpecah belah. Tidak ada lagi yang bisa kita banggakan. Kalian
tentu malu tinggal di negara yang hancur
lebur, bukan? Oleh karena itu,
menjaga keutuhan NKRI sangat penting.
C. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua
siswa.
F
menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara
itu siswa menyimaknya.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Diskusi kelas mengenai batas-batas
tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan
cepat. Dengan Demokratis
F
Guru menyiapkan kelas diskusi.
F
berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan
guru. Dengan Rasa
ingin tahu
F
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan,
laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
menjelaskan tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
Dengan Demokratis
F
Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
Dengan Rasa
ingin tahu
F
Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
F
Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
F
Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,Siswa :
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Peta dunia.
§ Gambar/foto tempat-tempat
indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
F. Penilaian
Nilai Karakter
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
§ Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya,
dilihat, dan didengar
|
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
NKRI
§ Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan
NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi
Waktu : 6 x 35
menit (3 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2.
Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami arti
penting keutuhan NKRI. ( NK. Bertanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha
Esa )
§ Siswa dapat menjelaskan
fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. ( NIK. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan
berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan
diri dan kelompoknya )
§ Siswa dapat menjelaskan makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan
pertahanan-keamanan.
v
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Bertanggung jawab
§ Semangat Kebangsaan.
B. Materi Ajar
§ Arti penting keutuhan NKRI
§ Fungsi Pancasila sebagai
perekat persatuan bangsa
§ Makna kesatuan wilayah
Indonesia
C. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan
setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang
dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan
lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan
Indonesia sebagai negara kesatuan; serta
legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok. Dengan
Bertanggung jawab
F
Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
F
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
F
Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,Siswa :
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
F
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan
teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
F
Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru
menjelaskan makna lambang tersebut.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa
menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
F
Guru bercerita tentang sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
F
Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa
kelompok. Dengan Semangat
Kebangsaan
F
Siswa mendiskusikan fungsi Pancasila
bagi NKRI dengan panduan guru.
F
Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,Siswa :
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
F
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
F
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
untuk menutup pertemuan.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara
(misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”,
“pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari
segi politik, sosial, budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan secara general. Dengan Bertanggung jawab
F
Guru menyiapkan kelas diskusi.
F
Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
F
Siswa melaporkan hasil diskusi.
&
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,Siswa :
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan
benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Berbagai buku sejarah
perjuangan bangsa.
§ Burung garuda Pancasila,
beserta tamengnya.
§ Lagu ”Garuda Pancasila”.
F. Penilaian
Nilai Karakter
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Bertanggung
jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya,
yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan
(alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
§
Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan
bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
|
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi
kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
§ Tugas individu.
Tugas berkelompok
Tugas individu
|
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan
isi pikiran)
|
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita
dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa
Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi
sosial-budaya?
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Berikut ini adalah link download RPP KTSP SD KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 2.
Klik Disini untuk mendownload.
Terimakasih, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment