Untuk Pembelajaran Kelas rendah ( Kelas 1 s/d Kelas 3 ) Kurikulum KTSP adalah Tematik.
Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan (Poerwadarminta, 1983).
RPP ini di buat dengan sesederhana mungkin agar Guru bisa dengan mudah memahami isi dari RPP tersebut.
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami peristiwa penting
dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian
utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500
5. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran,
persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2. IPS
- Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3. IPA
·
Mengenal bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
- Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4. Matematika
·
Membandingkan bilangan 1
sampai 500
- Mengurutkan bilangan sampai 500
5.
Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya kepada orang lain
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan puisi denga
ekspresi yang tepat.
·
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
·
Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital,
tanda titik.
6.
Seni Budaya Keterampilan.
- Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
- Mengidentifikasi gerak alam semesta
I. Tujuan Pembelajaran**:
Siswa dapat :
- Menjelaskan arti rukun
- Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
·
Menunjukkan dokumen diri
dan keluarga
·
Menceritakan peristiwa yang
berkesan waktu kecil tentang diri dan
keluarga melalui dokumen.
·
Menceritakan cara
memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan pendapat/
komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·
Mengidentifikasi bagian
utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi bagian
utama tumbuhan
·
Menjelaskan sifat benda
padat
·
Menjelaskan sifat benda
cair.
·
Menentukan bilangan 1
samapai 500
·
Menentukan bilangan lebih
besar.
·
Menentukan bilangan lebih
kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan
istilah lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun bilangan dari yang
terkecil ke terbesar.
·
Menyusun bilangan dari yang
terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 –
500.
·
Menyebutkan pengertian
bilangan genap.
·
Menyebutkan pengertian
bilangan ganjil.
·
Menjelaskan perbedaan
bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan bilangan
ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan bilangan genap
dari 2 – 20.
·
Mendengarkan teks pendek
yang dibacakan guru.
·
Menceritakan kembali isi
teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapn
·
Membuat percakapan.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang
tepat.
·
Membaca teks dengan
bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan
bacaan,
·
Menceritakan kembali isi
bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Melengkapi cerita
·
Menyusun kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf
bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda
titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·
Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk
ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis,
bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada
imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Memilih objek benda alam yang menarik.
·
Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek
imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada
karya seni rupa.
·
Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan
karya seni rupa.
·
Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak
angina rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air
sedang bergelombang.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
v Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta
tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
v
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
·
Berorientasi
tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi
ke masa depan
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup gotong royong.
·
Dokumen pribadi dan keluarga
·
Manfaat dokumen.
·
Bagian utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat benda
·
Bilangan 1 – 500
·
Mengurutkan bilangan.
·
Mendengarkan teks pendek.
·
Deskripsi puisi.
·
Percakapan]
·
Puiai
·
Membaca teks pendek.
·
Menjelaskan isi puisi
·
Melengkapi kalimat.
·
Menulis.
·
Unsur rupa
·
Gerak alam semesta.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/ Motivasi
:
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
ke 1
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan
yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca
bilangan dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian
tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab
tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat
mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua
buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat
membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan
kurang dari.
F Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab
siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan
keluarga.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan
ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B
Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat
membandingkan dua kumpulan benda dengan
menggunakan istilah lebih dari dan
kurang dari.
F Menyusun bilangan
dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca
kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya
diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan
dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan
tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong
royong.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang
nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melakukan tanya
jawab tentang teks yang telah dibaca.
F Melalui penugasan
siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat
memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan
dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 –
500.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan
pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan
mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500 secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat
mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan
guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat
mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun
percakapan dan memberikan tanggapan
terhadap cerita teman.
F Siswa dapat
menceritakan kembali isi bacaan.
F Membaca puisi
dan menceritakan isi puisi secara individual.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil
dengan benar.
F Siswa dapat
mengajukan pertanyaan dari bacaan teks
yang telah dibacakan
F Siswa disuruh
membacakan teks pendek secara kelompok.
F Secara individual
siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 –
41.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan
bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan
kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan
dengan benar dan jelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit
(B. Indonesia, PKn, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan
bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/
orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyimpulkan
isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat
menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari
tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(B. Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara
memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan
bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyusun
kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi
sebuah cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan
masing-masing.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x
35 menit (Matematika, Seni Budaya dan
Keterampilan,IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa
menyebutkan bilangan genap
F Siswa individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F Siswa menyebutkan
ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan
sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan
bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat
mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun
bidang warna.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu
menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal
menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan
kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPS ).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya
siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan
secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari
terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat
dengan mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan
menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan
bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/
menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan
kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan
benar dan jelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat
denga menggunakan huruf kapital yang
benar.
F Guru mendiktekan kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang
benar.
F Guru menceritakan
pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi
dengan teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya
siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat
menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan
guru siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani
berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x
35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok siswa
menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru
tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan
antara benda padat dengan benda cair.
F Melalui pengamatan
dan pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya
siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa
membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari yang menyerupai aliran air
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan
sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Sains SD Kelas
2, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Bina Bahasa
Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F Buku Saya Ingin
Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Buku tematik
PT. TEKINDO UTAMA.
·
Alat Peraga
:
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair,
benda padat.
F Gambar tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto
keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
·
Disiplin : Tindakan
yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan
·
Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
·
Kreatif :
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari
sesuatu yang telah dimiliki
·
Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan
bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
·
Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·
Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi
terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
·
Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,
bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
·
Menghargai prestasi: Sikap
dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna
bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
·
Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk
membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
·
Peduli
lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
·
Peduli
sosial:
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang
lain dan masyarakat yang membutuhkan
Tanggung
jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa
|
1. PKn :
2. IPS :
·
Menunjukkan dokumen diri
dan keluarga
·
Menceritakan peristiwa
yang berkesan waktu kecil tentang diri
dan keluarga melalui dokumen.
·
Menceritakan cara
memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan pendapat/
komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.
IPA :
·
Mengidentifikasi bagian
utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi bagian
utama tumbuhan
·
Menjelaskan sifat benda
padat
·
Menjelaskan sifat benda
cair.
4.
Matematika :
·
Menentukan bilangan 1
samapai 500
·
Menentukan bilangan lebih
besar.
·
Menentukan bilangan lebih
kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan
menggunakan symbol <, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan
istilah lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun bilangan dari
yang terkecil ke terbesar.
·
Menyusun bilangan dari yang
terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1
– 500.
·
Menyebutkan pengertian
bilangan genap.
·
Menyebutkan pengertian
bilangan ganjil.
·
Menjelaskan perbedaan
bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan bilangan
ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan bilangan
genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan teks pendek
yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan kembali isi
teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Mendeklamasikan puisi
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapn
·
Membuat percakapan.
·
Memberikan tanggapan
terhadap cerita teman.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang
tepat.
·
Membaca teks dengan
bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan
bacaan,
·
Menceritakan kembali isi
bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
·
Melengkapi cerita
·
Menyusun kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf
bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan
tanda titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengelompokkan berbagai
jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan berbbagai
ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan
ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Memilih objek benda alam
yang menarik.
·
Mengungkapkan perasaan
secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni
rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·
Memilih keindahan unsure
rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·
Membedakan gerak angina
sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air
sedang bergelombang.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
2. PKn :
2. IPS :
·
Tunjukkan dokumen diri
dan keluarga
·
Ceritakan peristiwa yang
berkesan waktu kecil tentang diri dan
keluarga melalui dokumen.
·
Ceritakan cara memelihara
dokumen pribadi.
·
Sampaikan pendapat/
komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.
IPA :
·
Jelaskanlah bagian utama
tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi bagian
utama tumbuhan
·
Jelaskanlah sifat benda
padat
·
Jelaskanlah sifat benda
cair.
4.
Matematika :
·
Tentukan bilangan 1
samapai 500
·
Tentukan bilangan lebih
besar.
·
Tentukan bilangan lebih
kecil.
·
Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
·
Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan
istilah lebih dari, kurang dari.
·
Susunkanlah bilangan dari
yang terkecil ke terbesar.
·
Susunkanlah bilangan dari
yang terbesar ke terkecil.
·
Tuliskanlah bilangan dengan benar secara urut dari 1 –
500.
·
Sebutkan pengertian
bilangan genap.
·
Sebutkan pengertian
bilangan ganjil.
·
Menjelaskan perbedaan
bilangan genap dan ganjil.
·
Kurutkanlah bilangan
ganjil dari 1 – 21
·
Kurutkanlah bilangan
genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Dengarkan teks pendek
yang dibacakan guru.
·
Jawabkanlah pertanyaan
tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·
Ceritakan kembali isi
teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Jawabkanlah pertanyaan tentang isi puisi
·
Jelaskanlah puisi
·
Jelaskanlah isi puisi
·
Peragakan percakapn
·
Buatkanlah percakapan.
·
Berikanlah tanggapan
terhadap cerita teman.
·
Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang
tepat.
·
Bacakanlah teks dengan
bersuara.
·
Ceritakan kembali isi
bacaan.
·
Membaca puisi dengan
benar ?
·
Ceritakan isi puisi..
·
Melengkapi cerita
·
Susunkanlah kalimat menjadi cerita
·
Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf
bersambung.
·
Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda
titik.
·
Gunakan huruf capital dalam kalimat.
6
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Kelompokkan berbagai
jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Kelomplokkan berbbagai
ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga
dimensi di alam sekitar.
·
Gungkapkan perasaan
ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Pilihkanlah objek benda
alam yang menarik.
·
gungkapkan perasaan
secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni
rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·
Pilihkanlah keindahan
unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·
Bedakanlah gerak angina
sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·
Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air
sedang bergelombang.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan
tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan
menggunakan listrik
|
Peralatan
tidak menggunakan listrik
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
A. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas
II
( …………………...………
)
NIP/NIK : …………………
|
Berikut ini adalah link download RPP KTSP SD KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 LENGKAP.
Klik DOWNLOAD
No comments:
Post a Comment