Seperti biasa link downloadnya ada di akhir postingan ini.
Di bawah ini adalah penggalan Silabus KTSP Kelas V SD.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR
MODEL
SILABUS KELAS V
|
|||
KATA PENGANTAR
Sebagaimana
dijelaskan pada Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun
contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan pedoman kepada para kepala
sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya
tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan
bagian tak terpisahkan dari KTSP. Melalui
model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal.
Sekolah dapat mengembangkan
contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi
sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini, khususnya
kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan
fikiran demi terwujudnya model silabus ini.
Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun silabus untuk
sekolah dasar.
SAMBUTAN
Sebagaimana
ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
(SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan
bagian kedua Model KTSP.
Panduan Umum
memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan
tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun
2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum.
Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah
melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara
mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.
Bagian kedua
Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil
pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh
hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat
dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan
kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan
KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan
perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model
silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang
saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan
pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan
kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.
BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat
Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta
Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para
guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan.
Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan
pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.
DAFTAR ISI
|
|
|
|
KATA PENGANTAR
……………………………………………………………………………………………………………………….
|
I
|
SAMBUTAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Ii
|
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Iii
|
|
|
Semester 1
|
|
Tema : Diri Sendiri
.....................................................................................................................................................................
|
1
|
Tema : Lingkungan
....................................................................................................................................................................
|
8
|
Tema : Keluarga
........................................................................................................................................................................
|
15
|
Tema : Pengalaman
..................................................................................................................................................................
|
23
|
Tema : Budi Pekerti
....................................................................................................................................................................
|
30
|
Tema : Kegemaran
....................................................................................................................................................................
|
38
|
Tema : Kegiatan
.......................................................................................................................................................................
|
46
|
|
|
Semester 2
|
|
Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
|
54
|
Tema : Kebersihan
......................................................................................................................................................................
|
64
|
Tema : Keluarga
..........................................................................................................................................................................
|
72
|
Tema : Lingkungan
......................................................................................................................................................................
|
81
|
Tema : Permainan .......................................................................................................................................................................
|
89
|
Tema : Kesehatan
.......................................................................................................................................................................
|
98
|
Tema : Budi pekerti
.....................................................................................................................................................................
|
107
|
Buku ini merupakan satu kesatuan
dengan buku lain, sebagai berikut:
1.
|
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
|
2.
|
Standar Isi
untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
3.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas I
|
4.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
|
5.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
|
6.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
|
7.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
|
8.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
|
9.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
10.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
|
11.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
|
12.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
|
13.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
|
14.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
|
15.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
|
16.
|
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
|
17.
|
Standar
Kompetensi Lulusan SD
|
18.
|
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
|
19.
|
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
|
20.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 1 SD
|
21.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 2 SD
|
22.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 3 SD
|
23.
|
Model Silabus
Kelas 4 SD
|
24.
|
Model Silabus
Kelas 5 SD
|
25.
|
Model Silabus
Kelas 6 SD
|
26.
|
Model Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN 09 PETARUKAN
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
§ Pengertian
NKRI
§ Dasar hukum
bentuk NKRI.
§ Otonomi
daerah dan hubungan luar negeri.
§ Pemerintahan
dan pemilihan kepala negara.
|
§ Membaca
uraian pengertian NKRI.
§ Bertanya
jawab tentang isi uraian.
§ Berdiskusi
tentang bentuk Indonesia sebagai negara kesatuan.
§ Berdiskusi
tentang satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Berdiskusi
tentang hubungan daerah otonom dengan NKRI.
§ Menjelaskan
hak daerah otonom dalam mengadakan hubungan luar negeri.
§ Menceritakan
pengetahuan individual tentang pemilihan umum.
§ Berdiskusi
tentang hubungan NKRI dan pemilihan umum
|
§ Menjelaskan
pengertian NKRI
§ Menyebutkan
dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan
satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan
tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§ Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan
pengaruhnya terhadap NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian
unjuk kerja (hasil diskusi).
|
§ NKRI adalah
....
§ Indonesia
merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan
daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia
memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§
§ NKRI perlu
mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
|
4 x 35
menit.
|
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 1—3 .
§ Orangtua.
§ Teman.
§ Pengalaman siswa, dst.
|
|
§ Keberadaan
NKRI.
|
§ Membaca
uraian di buku teks tentang keberadaan NKRI.
§ Memperhatikan
gambar peta Indonesia.
§ Menjelaskan
batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§ Bertanya
jawab tentang fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan
letak negara.
§ Menyebutkan derajat lintang dan bujur NKRI
dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut, udara).
§ Berdiskusi
tentang fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Berdiskusi
tentang fungsi wilayah laut NKRI.
§ Berdiskusi
tentang batas landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB.
§ Berdiskusi
tentang fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Menunjukkan
sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau
perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan
fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan
fungsi wilayah laut NKRI.
§
§ Menjelaskan
fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ Batas utara
NKRI adalah ....
§ Batas
selatan NKRI adalah ....
§ Batas barat
NKRI adalah ....
§ Batas timur
NKRI adalah ....
§ Indonesia
terletak di ... derajat ...
§ sampai ...
derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ...
derajat ....
§ Fungsi
wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi
wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi
wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona
Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
|
|
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
§ Arti penting keutuhan NKRI.
|
§ Membaca
uraian tentang sejarah berdirinya NKRI.
§ Mendiskusikan
usaha-usaha yang telah dilakukan para pemimpin bangsa pada masa lalu demi
terciptanya NKRI.
§
§ Mendaftarkan
sejumlah peristiwa penting yang terjadi dalam proses pembentukan NKRI.
§ Menjelaskan
pengertian semboyan Bhinneka Tunggal Ika
§ Menghubungkan
prinsip semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan usaha para pemimpin bangsa pada
masa lalu.
§ Menjelaskan
arti penting keutuhan NKRI.
|
§ Memahami arti penting keutuhan
NKRI.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian
daya nalar.
§ Penilaian
unjuk kerja (hasil diskusi).
|
§ Apa maksud
semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja
usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
|
6 X 35
menit.
|
§ Buku paket hlm. 5—9.
§ Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
§ Teman.
|
|
§ Fungsi
Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
|
§ Membaca
sejarah singkat tentang Pancasila.
§ Membaca
poin-poin sila dalam Pancasila atau menirukan pembacaan Pancasila.
§ Memperhatikan
gambar burung garuda Pancasila.
§ Menunjuk
lambang-lambang pada tameng burung garuda berdasarkan kelima sila Pancasila.
|
§ Mampu
menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
|
§
Tugas berkelompok.
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
daya nalar.
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ Apa alasan
dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi
Pancasila bagi NKRI?
|
|
|
|
|
§ Mendiskusikan
sebab-sebab dirumuskannya Pancasila.
§ Mendiskusikan
isi pancasila.
§ Mendiskusikan
fungsi Pancasila bagi NKRI.
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Makna
kesatuan wilayah Indonesia.
|
§ Menyebutkan
berbagai segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan).
§ Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik.
§ Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya.
§ Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi.
§ Menjelaskan
makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi pertahanan-keamanan.
§ Menuliskan
contoh makna kesatuan wilayah Indonesia dalam keempat segi tersebut.
|
§ Mampu
menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan
bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
§
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan.
§ Logika dan
kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran).
|
§ Apa makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna
kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya?
|
|
|
1.3. Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga
keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
§ Contoh-contoh
atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
|
§ Memfoto
kopi gambar pada buku pelajaran.
§ Mewarnai
gambar yang menunjukksn sikap yang benar.
§ Menjelaskan
gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut.
|
§ Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
§ Penilaian
lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
|
§ Apabila
terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah
.... (gambar A atau gambar B).
|
2 x 35
menit.
|
§ Buku paket hlm.
14--18.
Teman.
Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Sri
Sugiarti A.Ma.Pd )
NIP
195802061978022001
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas V
(Benny
Hermanto)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN 09 PETARUKAN
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Memahami
peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
|
§ Pengertian
perundang-undangan
§ Fungsi /
pentingnya peraturan perundang-undangan
|
§ Mengidentifikasi
macam-macam peraturan di rumah dan di sekolah.
§ Menjelaskan
pengertian perundang-undangan.
§ Mendiskusikan
perbedaan fungsi peraturan tingkat pusat dan tingkat daerah.
§ Mengidentifikasi
berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang.
§ Menjelaskan
sebab beberapa hal perlu diatur dengan undang-undang
|
§ Menjelaskan
pengertian perundang-undanan pusat dan daerah.
§ Memahami
perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§ Mengetahui
berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang.
§ Memahami
sebab dan asas pembuatan undang-undang
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian
tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita)
§ Penilaian
tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
|
§ Mengapa
perlu dibuat peraturan perundang-undang-an?
§ Mengapa hak
asasi manusia perlu diatur berdasakan undang-uundang?
|
4 x 35
menit.
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 30—33.
§ Berbagai
peraturan di sekolah.
§ Berbagai
peraturan di rumah.
|
2.2. Memberikan contoh peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu
lintas, dan larangan merokok.
|
§ Tata urutan
peraturan perundang-undangan di Indonesia.
|
§ Membaca
informasi dan menjelaskan UUD 1945.
§ Membaca
informasi dan menjelaskan undang-undang atau peraturan pengganti
undang-undang.
§ Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Pemerintah.
§ Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Presiden.
§ Membaca
informasi dan menjelaskan Peraturan Daerah.
|
§ Mengetahui
tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§ Memahami kandungan dan fungsi
peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan
hierarkinya.
|
§ Tugas
§ kelompok.
|
§ Penilaian
tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
|
§ UUD 1945
merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)
|
4 x 35
menit.
|
§ Buku paket
hlm. 35—42.
§ Teks UUD
1945.
§ Teks
Undang-Undang atau Per-aturan Pengganti Undang-Undang.
§ Teks
Pe-raturan Pemerintah.
§ Teks
Pe-raturan Presiden.
§ Teks
Pe-raturan Daerah.
|
|
§ Contoh
peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
|
§
Membaca berbagai contoh peraturan.
§
Menjelaskan sebab masyarakat harus mematuhinya, serta akibat
yang akan terjadi jika masyarakat melanggarnya.
|
§ Mengetahui
akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§
Mengetahui akibat melanggar peraturan dan
undang-undang bagi individu dan masyarakat.
|
§
Tugas individu.
|
§ Penilaian
tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian
unjuk kerja .
|
§ Apa akibat
melanggar peraturan daerah yang berisi larangan merokok di tempat umum?
|
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Sri
Sugiarti A.Ma.Pd )
NIP
195802061978022001
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas V
(Benny
Hermanto)
|
Untuk mendownload SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP, silahkan klik link berikut ini.
SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP
No comments:
Post a Comment