Wednesday 4 January 2017

SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP

Untuk memenuhi kebutuhan administrasi guru, maka saya akan mencoba membantu dengan memberikan file SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP ini.
Seperti biasa link downloadnya ada di akhir postingan ini.
Di bawah ini adalah penggalan Silabus KTSP Kelas V SD.




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





MODEL
SILABUS KELAS V










 





KATA PENGANTAR
                                                       
 Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.  
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.





SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.






DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
I
SAMBUTAN …………………………………………………………………………………………………………………………………
Ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………………………………………
Iii


Semester 1

Tema : Diri Sendiri   .....................................................................................................................................................................
1
Tema : Lingkungan   ....................................................................................................................................................................
8
Tema : Keluarga   ........................................................................................................................................................................
15
Tema : Pengalaman   ..................................................................................................................................................................
23
Tema : Budi Pekerti  ....................................................................................................................................................................
30
Tema : Kegemaran   ....................................................................................................................................................................
38
Tema : Kegiatan    .......................................................................................................................................................................
46


Semester 2

Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
54
Tema : Kebersihan ......................................................................................................................................................................
64
Tema : Keluarga ..........................................................................................................................................................................
72
Tema : Lingkungan ......................................................................................................................................................................
81
Tema : Permainan .......................................................................................................................................................................
89
Tema : Kesehatan .......................................................................................................................................................................
98
Tema : Budi pekerti .....................................................................................................................................................................
107

Buku ini merupakan satu kesatuan dengan buku lain, sebagai berikut:
1.     
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
2.     
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
3.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas I
4.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
5.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
6.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
7.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
8.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
9.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
11.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
12.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
13.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
14.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
15.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
16.  
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
17.  
Standar Kompetensi Lulusan SD
18.  
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
19.  
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
20.  
Model Silabus Tematis Kelas 1 SD
21.  
Model Silabus Tematis Kelas 2 SD
22.  
Model Silabus Tematis Kelas 3 SD
23.  
Model Silabus Kelas 4 SD
24.  
Model Silabus Kelas 5 SD
25.  
Model Silabus Kelas 6 SD
26.  
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD
 




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   SDN 09 PETARUKAN
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   V
Semester                                                 :   1
STANDAR KOMPETENSI                :   1.     Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1.  Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia

§  Pengertian NKRI
§  Dasar hukum bentuk NKRI.
§  Otonomi daerah dan hubungan luar negeri.
§  Pemerintahan dan pemilihan kepala negara.
§  Membaca uraian pengertian NKRI.
§  Bertanya jawab tentang isi uraian.
§  Berdiskusi tentang bentuk Indonesia sebagai negara kesatuan.
§  Berdiskusi tentang satuan daerah otonom dalam NKRI.
§  Berdiskusi tentang hubungan daerah otonom dengan NKRI.
§  Menjelaskan hak daerah otonom dalam mengadakan hubungan luar negeri.
§  Menceritakan pengetahuan individual tentang pemilihan umum.
§  Berdiskusi tentang hubungan NKRI dan pemilihan umum
§  Menjelaskan pengertian NKRI
§  Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§  Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§  Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§   Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§  Diskusi kelompok



§  Penilaian lisan.
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§  Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§  NKRI adalah ....
§  Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§  Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§  Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§   
§  NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum  untuk ....
4 x 35           
 menit.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3 .
§  Orangtua.
§  Teman.
§  Pengalaman siswa, dst.


§  Keberadaan NKRI.
§  Membaca uraian di buku teks tentang keberadaan NKRI.
§  Memperhatikan gambar peta Indonesia.
§  Menjelaskan batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§  Bertanya jawab tentang fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan letak negara.
§   Menyebutkan derajat lintang dan bujur NKRI dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut, udara).
§  Berdiskusi tentang fungsi wilayah daratan NKRI.
§  Berdiskusi tentang fungsi wilayah laut NKRI.
§  Berdiskusi tentang batas landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB.
§  Berdiskusi tentang fungsi wilayah udara NKRI.
§  Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§  Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§  Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§  Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§   
§  Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
§  Diskusi kelompok



§  Penilaian lisan.
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§  Batas utara NKRI adalah ....
§  Batas selatan  NKRI adalah ....
§  Batas barat NKRI adalah ....
§  Batas timur NKRI adalah ....
§  Indonesia terletak di ... derajat ...
§  sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§  sampai ... derajat ....
§  Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§  Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§  Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§  Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....


1.2.  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

§   Arti penting keutuhan NKRI.
§  Membaca uraian tentang sejarah berdirinya NKRI.
§  Mendiskusikan usaha-usaha yang telah dilakukan para pemimpin bangsa pada masa lalu demi terciptanya NKRI.
§   
§  Mendaftarkan sejumlah peristiwa penting yang terjadi dalam proses pembentukan NKRI.
§  Menjelaskan pengertian semboyan Bhinneka Tunggal Ika
§  Menghubungkan prinsip semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan usaha para pemimpin bangsa pada masa lalu.
§  Menjelaskan arti penting keutuhan NKRI.
§  Memahami arti penting keutuhan NKRI.





§  Tugas individu.



§  Penilaian daya nalar.
§  Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§  Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§  Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§   Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
6 X 35           
menit.
§  Buku paket hlm. 5—9.
§  Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
§  Teman.

§  Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§  Membaca sejarah singkat tentang Pancasila.
§  Membaca poin-poin sila dalam Pancasila atau menirukan pembacaan Pancasila.
§  Memperhatikan gambar burung garuda Pancasila.
§  Menunjuk lambang-lambang pada tameng burung garuda berdasarkan kelima sila Pancasila.
§  Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§  Tugas berkelompok. 
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian daya nalar.
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§  Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§  Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?




§  Mendiskusikan sebab-sebab dirumuskannya Pancasila. 
§  Mendiskusikan isi pancasila.
§  Mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI.







§  Makna kesatuan wilayah Indonesia.
§  Menyebutkan berbagai segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
§  Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik.
§  Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya.
§  Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi.
§  Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi pertahanan-keamanan.
§  Menuliskan contoh makna kesatuan wilayah Indonesia dalam keempat segi tersebut.
§  Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
§  Tugas individu
§  Penilaian lisan.
§  Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran).
§  Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§  Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya?


1.3.  Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

§  Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
§  Memfoto kopi gambar pada buku pelajaran.
§  Mewarnai gambar yang menunjukksn sikap yang benar.
§  Menjelaskan gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut.
§  Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.




§  Tugas individu.

§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
§  Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
§  Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B).
2 x 35           
   menit.
§  Buku paket hlm. 14--18.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Sri Sugiarti A.Ma.Pd )
NIP 195802061978022001

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas V



(Benny Hermanto)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   SDN 09 PETARUKAN   
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   V
Semester                                                 :   1
STANDAR KOMPETENSI                :   2.     Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1.  Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 

§  Pengertian perundang-undangan
§  Fungsi / pentingnya peraturan perundang-undangan
§  Mengidentifikasi macam-macam peraturan di rumah dan di sekolah.
§  Menjelaskan pengertian perundang-undangan.
§  Mendiskusikan perbedaan fungsi peraturan tingkat pusat dan tingkat daerah.
§  Mengidentifikasi berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang.
§  Menjelaskan sebab beberapa hal perlu diatur dengan undang-undang
§  Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. 
§  Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§  Mengetahui berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. 
§  Memahami sebab dan asas pembuatan undang-undang
§  Tugas individu.
§  Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita)
§  Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
§  Mengapa perlu dibuat peraturan perundang-undang-an?
§  Mengapa hak asasi manusia perlu diatur berdasakan undang-uundang?
4 x 35           
 menit.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 30—33.
§  Berbagai peraturan di sekolah.
§  Berbagai peraturan di rumah.

2.2.    Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.

§  Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
§  Membaca informasi dan menjelaskan UUD 1945.
§  Membaca informasi dan menjelaskan undang-undang atau peraturan pengganti undang-undang.
§  Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Pemerintah.
§  Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Presiden.
§  Membaca informasi dan menjelaskan Peraturan Daerah. 
§  Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§   Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.
§  Tugas       
§  kelompok.
§  Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
§  UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan  berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)
4 x 35           
 menit.
§  Buku paket hlm. 35—42.
§  Teks UUD 1945.
§  Teks Undang-Undang atau Per-aturan Pengganti Undang-Undang.
§  Teks Pe-raturan Pemerintah.
§  Teks Pe-raturan Presiden.
§  Teks Pe-raturan Daerah.  

§  Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
§  Membaca berbagai contoh peraturan.
§  Menjelaskan sebab masyarakat harus mematuhinya, serta akibat yang akan terjadi jika masyarakat melanggarnya.

§  Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§  Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§  Tugas individu.
§  Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§  Penilaian unjuk kerja .
§  Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan  merokok di tempat umum?


v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )




Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Sri Sugiarti A.Ma.Pd )
NIP 195802061978022001

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas V



(Benny Hermanto)



Untuk mendownload  SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP, silahkan klik link berikut ini.

SILABUS KTSP KELAS V SD LENGKAP

No comments:

Post a Comment