Wednesday 4 January 2017

SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP

Untuk memenuhi kebutuhan administrasi guru, maka saya akan mencoba membantu dengan memberikan file SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP ini.
Seperti biasa link downloadnya ada di akhir postingan ini.
Di bawah ini adalah penggalan Silabus KTSP Kelas IV SD.





KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





SILABUS KELAS IV










 




KATA PENGANTAR
                                                       
 Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.  
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.




SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.






DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
I
SAMBUTAN …………………………………………………………………………………………………………………………………
Ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………………………………………
Iii


Semester 1

Tema : Diri Sendiri   .....................................................................................................................................................................
1
Tema : Lingkungan   ....................................................................................................................................................................
8
Tema : Keluarga   ........................................................................................................................................................................
15
Tema : Pengalaman   ..................................................................................................................................................................
23
Tema : Budi Pekerti  ....................................................................................................................................................................
30
Tema : Kegemaran   ....................................................................................................................................................................
38
Tema : Kegiatan    .......................................................................................................................................................................
46


Semester 2

Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
54
Tema : Kebersihan ......................................................................................................................................................................
64
Tema : Keluarga ..........................................................................................................................................................................
72
Tema : Lingkungan ......................................................................................................................................................................
81
Tema : Permainan .......................................................................................................................................................................
89
Tema : Kesehatan .......................................................................................................................................................................
98
Tema : Budi pekerti .....................................................................................................................................................................
107

Buku ini merupakan satu kesatuan dengan buku lain, sebagai berikut:
1.     
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
2.     
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
3.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas I
4.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
5.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
6.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
7.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
8.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
9.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
11.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
12.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
13.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
14.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
15.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
16.  
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
17.  
Standar Kompetensi Lulusan SD
18.  
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
19.  
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
20.  
Model Silabus Tematis Kelas 1 SD
21.  
Model Silabus Tematis Kelas 2 SD
22.  
Model Silabus Tematis Kelas 3 SD
23.  
Model Silabus Kelas 4 SD
24.  
Model Silabus Kelas 5 SD
25.  
Model Silabus Kelas 6 SD
26.  
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   ............................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   1
STANDAR KOMPETENSI                :   1.     Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian  
Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
















Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
§  Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§  Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
§  Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§  Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
§  Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
§  Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§  Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.
§  Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan fungsional).
§ Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)
§  Menjelaskan lingkungan desa.
§  Menyebutkan perangkat desa.
§  Menyebutkan sumber keuangan desa
§  Menjelaskan lingkungan kelurahan.
§  Menyebutkan perangkat kelurahan.
§  Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§  Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
Tugas individu





























§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
§ Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§  Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
4 x 35 menit



















§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).





1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.


Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Memahami gambar struktur pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan.
Tugas individu















§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  gambarkan struktur pemerintahan desa.
§  gambarkan struktur pemerintahan kelurahan.
§  gambarkan struktur pemerintahan kecamatan.
2 x 35 menit
§ Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )




Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Purwoto, S.Pd.SD )
NIP 19570704 197701 1 003

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas IV



( Agustin Puji Lestari )
NIP -


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                                       :   ...........................................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   1
STANDAR KOMPETENSI                :   2.     Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Pemerintah kabupaten/kota.
Pemerintah provinsi di Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
§  Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
§  Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§  Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§  Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§  Memahami pengertian DPRD.
§  Mengetahui keanggotaan DPRD
§  Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
§  Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§  Menjelaskan pemerintahan provinsi.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
§  Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan
§  Penilaia unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
§  Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
§  Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, seko-lah, dst.).
2.2     Menggambar-kan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

§  Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/ kota.?
§  gambarkan struktur pemerintahan provinsi.?
2 x 35 menit
§  Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )



Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Purwoto, S.Pd.SD )
NIP 19570704 197701 1 003

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas IV



( Agustin Puji Lestari )
NIP -









SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                                       :   ............................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   3.1   Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1     Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.

§  Pengertian pemerintah.
§  Komponen pemerintahan di Indonesia
§  Menyimak pengertian pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§  Menyebutkan kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§  Menyimak pemahaman tentang sistem presidensial.
§  Menyebutkan lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§  Menjelaskan keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presi-den selaku kepala negara.
§  Menyebutkan
§  tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Menjelaskan pengertian lembaga yudikatif.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§  Menjelaskan keanggotaan BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang BPK.
§  Menjelaskan tugas dan wewenang KPU.
§  Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§  Menjelaskan lembaga legislatif
§  Menjelaskan lembaga eksekutif
§  Menjelaskan lembaga yudikatif
§  Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§  Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum
§   
Tugas individu
Tugas kelom-pok

§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§   
§  Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§  Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§  Apa tugas dan wewenangnya?
§  Apa arti lembaga eksekutif?
§  Apa saja tugas-tugas presiden?
§  Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§  Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§  Apa tugas BPK?
§  Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

§  Lembaga eksekutif
§  Menjelaskan pengertian lembaga eksekutif.
§  Menyebutkan para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§  Memahami lembaga eksekutif (presiden).
§  Tugas individu
§  Tugas kelom-pok
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
§  Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri?
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )





Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Purwoto, S.Pd.SD )
NIP 19570704 197701 1 003

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas IV



( Agustin Puji Lestari )
NIP -


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                       :   ............................
Mata Pelajaran                                      :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                       :   IV
Semester                                                 :   2
STANDAR KOMPETENSI                :   4.     Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1     Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

§  Arti dan sejarah globalisasi.
§  Kita di tengah-tengah globalisasi
§  Sikap kita terhadap globalisasi.
§  Memahami manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§  Memahami arti globalisasi.
§  Mengetahui sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
§  Menceritakan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menceritakan proses globalisasi.
§  Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengapa globalisasi terjadi?
§  Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§   
§  Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
4 x 35 menit




§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
4.2     Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

§  Kita di tengah-tengah globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§  Menampilkan dampak positif.
§  globalisasi, seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
§  Menjelaskan globalisasi kebudayaan.
Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.
§  Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

§  Sikap kita terhadap globalisasi
§  Menyebutkan dampak negatif dan positif dari globalisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§  Menentukan sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
§  Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
Tugas individu
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Mengisi kolom skala sikap.
2 x 35 menit
§  Buku paket (Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
v  Karakter siswa yang diharapkan :             Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )


Mengetahui
Kepsek SD 09 Petarukan



(Purwoto, S.Pd.SD )
NIP 19570704 197701 1 003

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas IV



( Agustin Puji Lestari )
NIP -














Untuk mendownload SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP, klik link di bawah ini.
SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP

No comments:

Post a Comment