Seperti biasa link downloadnya ada di akhir postingan ini.
Di bawah ini adalah penggalan Silabus KTSP Kelas IV SD.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR
SILABUS KELAS IV
|
|||
KATA PENGANTAR
Sebagaimana
dijelaskan pada Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun
contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan pedoman kepada para kepala
sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya
tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan
bagian tak terpisahkan dari KTSP. Melalui
model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal.
Sekolah dapat mengembangkan
contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi
sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini, khususnya
kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan
fikiran demi terwujudnya model silabus ini.
Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun silabus untuk
sekolah dasar.
SAMBUTAN
Sebagaimana
ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
(SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan
bagian kedua Model KTSP.
Panduan Umum
memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan
tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun
2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum.
Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah
melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara
mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.
Bagian kedua
Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil
pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh
hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat
dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan
kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan
KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan
perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model
silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang
saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan
pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan
kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.
BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat
Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta
Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para
guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan.
Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan
pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.
DAFTAR ISI
|
|
|
|
KATA PENGANTAR
……………………………………………………………………………………………………………………….
|
I
|
SAMBUTAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Ii
|
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Iii
|
|
|
Semester 1
|
|
Tema : Diri Sendiri
.....................................................................................................................................................................
|
1
|
Tema : Lingkungan
....................................................................................................................................................................
|
8
|
Tema : Keluarga
........................................................................................................................................................................
|
15
|
Tema : Pengalaman
..................................................................................................................................................................
|
23
|
Tema : Budi Pekerti
....................................................................................................................................................................
|
30
|
Tema : Kegemaran
....................................................................................................................................................................
|
38
|
Tema : Kegiatan
.......................................................................................................................................................................
|
46
|
|
|
Semester 2
|
|
Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
|
54
|
Tema : Kebersihan
......................................................................................................................................................................
|
64
|
Tema : Keluarga
..........................................................................................................................................................................
|
72
|
Tema : Lingkungan
......................................................................................................................................................................
|
81
|
Tema : Permainan .......................................................................................................................................................................
|
89
|
Tema : Kesehatan
.......................................................................................................................................................................
|
98
|
Tema : Budi pekerti
.....................................................................................................................................................................
|
107
|
Buku ini merupakan satu kesatuan
dengan buku lain, sebagai berikut:
1.
|
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
|
2.
|
Standar Isi
untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
3.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas I
|
4.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
|
5.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
|
6.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
|
7.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
|
8.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
|
9.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
10.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
|
11.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
|
12.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
|
13.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
|
14.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
|
15.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
|
16.
|
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
|
17.
|
Standar
Kompetensi Lulusan SD
|
18.
|
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
|
19.
|
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
|
20.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 1 SD
|
21.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 2 SD
|
22.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 3 SD
|
23.
|
Model Silabus
Kelas 4 SD
|
24.
|
Model Silabus
Kelas 5 SD
|
25.
|
Model Silabus
Kelas 6 SD
|
26.
|
Model Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
1
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami
sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mengenal lembaga-lembaga dalam
susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
|
§ Menyimak
pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§ Menyebutkan
persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§ Memahami
arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§ Mengenal
pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa,
sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan
persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
§ Menyebutkan
tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§ Mengetahui
pertanggungjawaban kepala desa.
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan desa.
§ Menyimak
pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§ Menyebutkan
persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§ Memahami
arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§ Mengidentifikasi
perbedaan antara kelurahan dan desa.
§ Mengenal
lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan
fungsional).
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak
pemahaman tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal
camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui
tugas dan pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui
partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)
|
§ Menjelaskan
lingkungan desa.
§ Menyebutkan
perangkat desa.
§ Menyebutkan
sumber keuangan desa
§ Menjelaskan
lingkungan kelurahan.
§ Menyebutkan
perangkat kelurahan.
§ Menyebutkan
sumber keuangan kelurahan.
§ Menjelaskan
lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa
pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan
pemerintah desa?
§ Mengumpulkan
laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber
lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§ Mengumpulkan
laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan
bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari
pemerintah?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.
|
Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Mengamati
gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Memahami
gambar struktur pemerintahan desa,
§ Memahami
gambar struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami
gambar struktur pemerintahan kecamatan.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
|
§ gambarkan
struktur pemerintahan desa.
§ gambarkan
struktur pemerintahan kelurahan.
§ gambarkan
struktur pemerintahan kecamatan.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Purwoto,
S.Pd.SD )
NIP
19570704 197701 1 003
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas IV
(
Agustin Puji Lestari )
NIP
-
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...........................................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
1
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Memahami
sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Mengenal lembaga-lembaga dalam
susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
|
Pemerintah
kabupaten/kota.
Pemerintah provinsi di
Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah.
|
§ Menyebutkan
kepala daerah kabupaten/kota.
§ Mengenal
perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga
teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§ Menjelaskan
cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§ Menyimak
pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§ Menyebutkan
kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§ Mengenal
pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§ Menyimak
pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§ Memahami
pengertian DPRD.
§ Mengetahui
keanggotaan DPRD
§ Menyebutkan
tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
§ Menjelaskan
pemerintahan kabupaten/kota.
§ Menyebutkan
kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§ Menjelaskan
pemerintahan provinsi.
§ Menyebutkan
kewenangan pemerintah provinsi.
§ Memahami
tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
lisan
§ Penilaia
unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
|
§ Apa yang
dimaksud dengan otonomi daerah?
§ Mengapa gubernur
wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
|
4 x 35 menit
|
§
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas
IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
§
Orang tua.
§
Teman.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga,
seko-lah, dst.).
|
2.2
Menggambar-kan struktur
organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.
|
§ Struktur
pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Mengamati
gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Memahami
gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ gambarkan
struktur pemerintahan kabupaten/ kota.?
§ gambarkan
struktur pemerintahan provinsi.?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket PKn SD Kelas IV
ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga,
sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Purwoto,
S.Pd.SD )
NIP
19570704 197701 1 003
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas IV
(
Agustin Puji Lestari )
NIP
-
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengenal lembaga-lembaga negara
dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK,
dan BPK, dll.
|
§
Pengertian pemerintah.
§
Komponen pemerintahan di Indonesia
|
§ Menyimak
pengertian pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§ Menyebutkan
kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§ Menyimak
pemahaman tentang sistem presidensial.
§ Menyebutkan
lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§ Menjelaskan
keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§ Menjelaskan
pengertian lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan
para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presi-den selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
§ tugas dan
wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§ Menjelaskan
pengertian lembaga yudikatif.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§ Menjelaskan
keanggotaan BPK.
§ Menjelaskan
tugas dan wewenang BPK.
§ Menjelaskan
tugas dan wewenang KPU.
|
§ Menjelaskan
pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan
lembaga legislatif
§ Menjelaskan
lembaga eksekutif
§ Menjelaskan
lembaga yudikatif
§ Menjelaskan
Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan
Komisi Pemilihan Umum
§
|
Tugas individu
Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§
|
§ Mengapa
dalam suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana
susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas
dan wewenangnya?
§ Apa arti
lembaga eksekutif?
§ Apa saja
tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan
lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas
dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas
BPK?
§ Kepada
siapa hasil tugas BPK diserahkan?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden,
wakil presiden, dan para menteri.
|
§
Lembaga eksekutif
|
§ Menjelaskan
pengertian lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan
para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
|
§ Memahami
lembaga eksekutif (presiden).
|
§ Tugas
individu
§ Tugas
kelom-pok
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§ Sebutkan
organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan
para menteri?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Purwoto,
S.Pd.SD )
NIP
19570704 197701 1 003
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas IV
(
Agustin Puji Lestari )
NIP
-
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas :
IV
Semester :
2
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Memberikan contoh sederhana
pengaruh globalisasi di lingkungannya.
|
§
Arti dan sejarah globalisasi.
§ Kita
di tengah-tengah globalisasi
§
Sikap kita terhadap globalisasi.
|
§ Memahami
manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§ Memahami
arti globalisasi.
§ Mengetahui
sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
§ Menceritakan
pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan
sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menceritakan
proses globalisasi.
§ Menyebutkan
pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan
sikap terhadap pengaruh globalisasi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan
§ Penilaian
unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
lisan (keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa
globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel
mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§
§ Mengapa
permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.2 Mengidentifikasi
jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan
internasional.
|
§ Kita di
tengah-tengah globalisasi.
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh kebudayaan Indonesia (tarian tradisional) dan asing.
§ Menampilkan
dampak positif.
§ globalisasi,
seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
|
§ Menjelaskan
globalisasi kebudayaan.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Buatlah daftar
mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra.
§ Dyah
Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di
lingkungannya.
|
§ Sikap kita
terhadap globalisasi
|
§ Menyebutkan
dampak negatif dan positif dari globalisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§ Menentukan
sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menjelaskan
sikap kita terhadap globalisasi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian
sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Mengisi kolom
skala sikap.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines),
Rasa hormat
dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility )
Berani ( courage ), Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui
Kepsek
SD 09 Petarukan
(Purwoto,
S.Pd.SD )
NIP
19570704 197701 1 003
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Kelas IV
(
Agustin Puji Lestari )
NIP
-
|
Untuk mendownload SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP, klik link di bawah ini.
SILABUS KTSP KELAS IV SD LENGKAP
No comments:
Post a Comment