Anda bisa mendownloadnya lewat link yang ada di akhir postingan ini.
Semoga bermanfaat.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR
MODEL
SILABUS TEMATIS
KELAS III
|
|||
KATA PENGANTAR
Sebagaimana dijelaskan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005
pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana
pelaksanaan pembelajaran. Direktorat
Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan pedoman kepada para kepala
sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional
Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP. Melalui model ini disajikan contoh silabus
mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat mengembangkan contoh-contoh dalam model ini
sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan
ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini, khususnya
kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan
fikiran demi terwujudnya model silabus ini.
Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun silabus untuk
sekolah dasar.
Jakarta, Maret
2007
SAMBUTAN
Sebagaimana
ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
(SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan
bagian kedua Model KTSP.
Panduan
Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai
ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003
dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam
mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP.
Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara
menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya
berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.
Bagian
kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil
pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh
hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat
dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan
kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan
KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan
perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model
silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat
ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan
ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya,
yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.
BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat
Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta
Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para
guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan.
Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan
pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.
DAFTAR ISI
|
|
|
|
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
|
i
|
|
|
SAMBUTAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
ii
|
|
|
DAFTAR
ISI …………………………………………………………………………………………………………………………………
|
iii
|
Semester 1
|
|
Tema : Kegiatan
..........................................................................................................................................................................
|
1
|
Tema :
Pengalaman
...................................................................................................................................................................
|
7
|
Tema :
Hiburan
...........................................................................................................................................................................
|
13
|
Tema :
Kesehatan .....................................................................................................................................................................
|
19
|
Tema :
Lingkungan
.....................................................................................................................................................................
|
29
|
Semester 2
|
|
Tema : Peristiwa
.........................................................................................................................................................................
|
35
|
Tema :
Keperluan Sehari-hari
....................................................................................................................................................
|
41
|
Tema :
Kerajinan Tangan ...........................................................................................................................................................
|
45
|
Tema :
Kegemaran
....................................................................................................................................................................
|
51
|
Tema :
Pendidikan
.....................................................................................................................................................................
|
55
|
Tema :
Permainan
.......................................................................................................................................................................
|
62
|
Buku
ini merupakan satu kesatuan dengan buku lain, sebagai berikut:
1.
|
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun
2006 dan No. 6 Tahun 2007
|
2.
|
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
3.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas I
|
4.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat
SD/MI Kelas II
|
5.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas III
|
6.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas IV
|
7.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas V
|
8.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas VI
|
9.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
|
10.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
|
11.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Agama Islam
|
12.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD Agama Kristen
|
13.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD Agama Katolik
|
14.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD Agama Hindu
|
15.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD Agama Buddha
|
16.
|
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
|
17.
|
Standar Kompetensi Lulusan SD
|
18.
|
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan di SD
|
19.
|
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) di SD
|
20.
|
Model Silabus Tematis Kelas 1 SD
|
21.
|
Model Silabus Tematis Kelas 2 SD
|
22.
|
Model Silabus Tematis Kelas 3 SD
|
23.
|
Model Silabus Kelas 4 SD
|
24.
|
Model Silabus Kelas 5 SD
|
25.
|
Model Silabus Kelas 6 SD
|
26.
|
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD
|
SILABUS TEMATIK 1
TEMA : KEGIATAN
Kelas III
Semester 1
Standar Kompetensi
1.
Pendidikan Kewarganegaraan :
1. Mengamalkan makna
Sumpah Pemuda
2. Ilmu Pengetahuan Sosial : 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
3. Ilmu Pengetahuan Alam : 1. Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada
mahkluk hidup.
2.
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhaap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
1. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
4. Matematika : 1. Melakukan operasi hitung
bilangan sampai tiga angka
1. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
5. Bahasa Indonesia : Mendengarkan
1.
Memahami Penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Membaca
2.
Membaca
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
Menulis
3.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Pendidikan
Kewarganeraan.
1.1
Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
1.2 Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu
Bahasa
Nilai-nilai Sumpah Pemuda
|
§ Siswa membaca
teks Sumpah Pemuda
Siswa
mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan
kesatuan
|
§ Membaca teks Sumpah Pemuda
Mencatat kegiatan Karang Taruna yang
berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-
Penilaian
hasil karya
|
8 jp x 35 menit
|
Buku PKn, media cetak & elektronik,
ensiklopedia
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.2 Memelihara lingkungan alam
dan buatan di sekitar rumah
1.4
Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
Lingkungan alam dan buatan
Kerja sama
|
§ Siswa dapat memberi contoh memelihara
lingkungan dengan cara yang baik
§ Siswa mempraktekkan cara memelihara
lingkungan rumah
· Siswa membuat gambar yang menunjukkan kerja
sama di lingkungan sekolah
|
§ Memberi contoh memelihara lingkungan dengan
cara yang baik
§ Mempraktekkan cara memelihara lingkungan
rumah
· Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di
lingkungan sekolah
|
12 jp x 35 menit
|
Buku IPS, media cetak & elektronik, ensiklopedia
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
|
Penggolongan
makhluk hidup
|
Siswa
mempraktekkan cara memelihara tanaman
|
Mempraktekkan cara memelihara tanaman
|
|
16 jp x 35 menit
|
Buku IPA, media cetak,
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan
lingkungan sekitar
|
Menjaga kesehatan lingkungan
|
§ Siswa membuat kliping yang menunjukk jp x 35 menit
|
§
Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan
sehat dan tidak sehat
|
Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-
Penilaian
hasil karya
|
|
Media
elektronik, ensiklopedia
|
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan
meliputi benda padat, cair, dan gas
|
Sifat-sifat
benda (padat, cair, gas)
|
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
|
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
|
|
|
|
MATEMATIKA
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
|
Garis bilangan
Perkalian dan Pembagian
|
§ Siswa menentukan posisi pada garis bilangan
§
Siswa menentukan pola pada garis bilangan
§
Siswa mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
§
Siswa mengubah bentuk pembagian menjadi
perkalian
|
§
Menentukan posisi pada garis bilangan
§
Menentukan pola pada garis bilangan
§ Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
§ Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
§ Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya
apabila dibagi dua
|
Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-
Penilaian
hasil karya
|
24 jp x 35 menit
|
Buku Matematika
media cetak & elektronik,
ensiklopedia
|
1.4 Melakukan
operasi hitung campuran
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
|
Operasi
hitungan
Campuran
Alat ukur
Hubungan
antarsatuan waktu, panjang, dan berat
|
§ Siswa membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan habis atau
tidaknya apabila dibagi dua
§ Siswa menyebutkan jenis alat ukur sederhana
§ Siswa memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
§ Siswa membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum
jam
§ Siswa membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
§
Siswa menentukan hubungan antarsatuan
waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat :
kg, ons, gram
|
§ Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
§ Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
§ Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
§ Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
§ Menentukan
hubungan antar satuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan
antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan
sesuatu berdasar-kan penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.3 Memberikan tanggapan dan
saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan pilihan kata yang tepat
3.1 Membaca nyaring teks (20 –
25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2
Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
|
Penjelasan
secara lisan
Cerita
Membaca nyaring
Menjelaskan
isi teks
|
§
Siswa mendengarkan
penjelasan
§
Siswa menyusun percakapan
melalui telepon
§ Siswa memberikan tanggapan dan saran
§ Siswa membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
§ Siswa memahami isi cerita
§ Siswa
menjawab pertanyaan bacaan
§
Siswa memahami isi
teks
|
§
Mendengarkan penjelasan
§ Siswa menyusun percakapan melalui telepon
§ Memberikan tanggapan dan saran
§ Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
§ Siswa memahami isi cerita
§ Menjawab
pertanyaan bacaan
§ Siswa memahami isi teks
|
Teknik tes
Perbuatan
Bentuk tes
Lisan
Mengarang
|
24 jp x 35 menit
|
Buku
B.I.
media cetak & elektronik,
ensiklopedia
|
4.1
Menyusun paragraf berdasar-kan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
Menyusun paragraf
|
§ Siswa menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
§ Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
§ Siswa menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah,
persepuluh, dan sen
§ Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
§ Siswa menulis kalimat menggunakan kata depan di- dan ke-
|
§ Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
§ Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
§ Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah,
persepuluh, dan sen
§ Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
§ Menggunakan kata depan di- dan ke-
|
|
|
|
SILABUS TEMATIK 2
TEMA : PENGALAMAN
Kelas III Semester 1
Standar Kompetensi
1. Pendidikan Kewarganegaraan : 1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
2. Ilmu Pengetahuan Sosial :
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah
3. Ilmu Pengetahuan Alam :
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan
mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
mahkluk hidup.
3.
Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
4. Matematika :
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga
angka
1.
Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat
dalam pemecahan masalah
5. Bahasa Indonesia : Mendengarkan
1.
Memahami Penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan
Membaca
3.
Memahami
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Pendidikan Kewarganegaan
1.1 Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
§ Siswa mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§ Siswa menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§ Siswa menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Siswa menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§ Siswa menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
§
Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§
Menjelaskan latar belakang terwujudnya
Sumpah Pemuda
§ Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
Teknik tes
Tertulis
Bentuk tes
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku PKn, media
cetak & elektronik, ensiklopedia
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
1.4 Melakukan kerja sama di lingkungan rumah,
sekolah, dan kelurahan/ desa
|
Kerja sama di lingkungan rumah
|
§
Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama
di lingkungan rumah
§
Siswa menjelaskan kerja sama (gotong royong)
sebagai ciri khas bangsa Indonesia
|
§
Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di
lingkungan rumah
§ Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
|
Teknik tes
Tertulis
Bentuk tes
Penugasan
|
9 jp x 35 menit
|
Buku
IPS
media
cetak & elektronik, ensiklopedia
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi
pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah raga)
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair dan gas.
|
Ciri-ciri
makhluk hidup dan makhluk tak hidup
Perubahan
pada makhluk hidup
Sifat-sifat
benda
|
§
Siswa membedakan
ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan
pengamatan
§ Siswa mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui
pengamatan gambar
§ Siswa menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda gas
§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda cair
§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda gas
|
§ Membedakan ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup
berdasarkan pengamatan
§ Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
§ Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
§
Menyebutkan sifat-sifat benda gas
§
Menyebutkan sifat-sifat benda cair
§ Menyebutkan sifat-sifat benda gas
|
Teknik
Tes
Non tes
Bentuk tes
Tertulis
Perbuatan
|
12 jp x 35 menit
|
Buku IPA gambar
& elektronik, ensiklopedia
|
Matematika
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
1.5 Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
|
Garis bilangan
Penjumlahan
dan pengurangan
Perkalian dan
pembagian
Uang
|
§ Siswa menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
§ Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan
pengurangan
§ Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan
pembagian
§
Siswa menyebutkan nilai mata uang rupiah
dari yang terkecil sampai yang terbesar
§
Siswa menentukan kesetaraan nilai uang
dengan berbagai satuan uang lainnya
§
Siswa menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§
Siswa menyelesaikan soal cerita yang
melibatkan nilai uang
|
§ Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan
pengurangan
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
§
Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari
yang terkecil sampai yang terbesar
§
Menentukan kesetaraan nilai uang dengan
berbagai satuan uang lainnya
§
Menaksir jumlah harga dari sekelompok
barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§ Menyelesaikan
soal cerita yang melibatkan nilai uang
|
Teknik tes
Tertulis
Bentuk tes
PG, menjodohkan, BS
|
18 jp x
35 menit
|
Buku
Matematika
media cetak
& elektronik, ensiklopedia
|
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya
(meteran, timbangan, atau jam)
2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu,
antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
|
Alat ukur
Hubungan
antarsatuan waktu, panjang, dan berat
|
§ Siswa menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
§ Siswa menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
§
Siswa menaksir lama kegiatan sehari-hari
dengan alat ukur waktu
§
Siswa menentukan satuan ukur dalam
pemecahan masalah sehari-hari
|
§
Menaksir panjang dan lebar suatu benda
dengan meteran
§ Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
§
Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan
alat ukur
§ Menentukan
satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
Teknik
Non tes
Bentuk
Tugas
|
|
|
Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan
yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan
kata yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata)
melalui membaca intensif
|
§ Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan
§ Mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak
§ Menceritakan
pengalaman yang mengesankan
§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana
§ Menjelaskan
isi teks
|
§ Siswa mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
§ Siswa menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
§ Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
§ Siswa
melakukan percakapan tentang pengalaman
§ Siswa
menanggapi cerita pengalaman teman
§ Siswa mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§
Siswa membuat kesimpulan isi bacaan
§ Siswa
mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
§ Mendengarkan
penjelasan untuk menolong teman
§ Menuliskan
hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
§ Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
§ Melakukan
percakapan tentang pengalaman
§ Menanggapi
cerita pengalaman teman
§
Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§
Membuat kesimpulan isi bacaan
§ Mengemukakan
pendapat tentang isi bacaan
|
Teknik
Non tes
Brentuk
Tugas
|
18 jp x
35
menit
|
Buku B.I.
media cetak
& elektronik, ensiklopedia
|
Klik SILABUS KTSP KELAS III SD untuk mendownload.
No comments:
Post a Comment