Monday 2 January 2017

SILABUS KTSP KELAS III SD LENGKAP

Di bawah ini adalah SILABUS KTSP KELAS III SD LENGKAP.
Anda bisa mendownloadnya lewat link yang ada di akhir postingan ini.
Semoga bermanfaat.




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





MODEL
SILABUS TEMATIS
KELAS III










 







KATA PENGANTAR

Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.



 
Jakarta,      Maret 2007

SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.







DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
i


SAMBUTAN …………………………………………………………………………………………………………………………………
ii


DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………………………………………
iii
Semester 1

Tema : Kegiatan ..........................................................................................................................................................................
1
Tema : Pengalaman  ...................................................................................................................................................................
7
Tema : Hiburan  ...........................................................................................................................................................................
13
Tema : Kesehatan   .....................................................................................................................................................................
19
Tema : Lingkungan  .....................................................................................................................................................................
29
Semester 2

Tema : Peristiwa  .........................................................................................................................................................................
35
Tema : Keperluan Sehari-hari  ....................................................................................................................................................
41
Tema : Kerajinan Tangan  ...........................................................................................................................................................
45
Tema : Kegemaran   ....................................................................................................................................................................
51
Tema : Pendidikan  .....................................................................................................................................................................
55
Tema : Permainan .......................................................................................................................................................................
62


Buku ini merupakan satu kesatuan dengan buku lain, sebagai berikut:
1.     
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
2.     
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
3.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas I
4.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
5.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
6.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
7.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
8.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
9.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
11.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
12.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
13.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
14.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
15.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
16.  
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
17.  
Standar Kompetensi Lulusan SD
18.  
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
19.  
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
20.  
Model Silabus Tematis Kelas 1 SD
21.  
Model Silabus Tematis Kelas 2 SD
22.  
Model Silabus Tematis Kelas 3 SD
23.  
Model Silabus Kelas 4 SD
24.  
Model Silabus Kelas 5 SD
25.  
Model Silabus Kelas 6 SD
26.  
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD





SILABUS  TEMATIK 1
TEMA  : KEGIATAN
Kelas III  Semester 1

Standar Kompetensi


1. Pendidikan Kewarganegaraan        : 1.   Mengamalkan  makna Sumpah Pemuda

2. Ilmu Pengetahuan Sosial                 : 1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

3. Ilmu Pengetahuan Alam                 : 1.  Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
      mahkluk hidup.
2.      Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhaap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan

 1. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari


4. Matematika                                     : 1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

1. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah


5.  Bahasa Indonesia                           : Mendengarkan
1.      Memahami Penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Membaca

2.      Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

Menulis

3.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.






KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Pendidikan Kewarganeraan.
1.1 Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

1.2 Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa


Nilai-nilai Sumpah Pemuda




§ Siswa membaca teks Sumpah Pemuda



Siswa mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan

§ Membaca teks Sumpah Pemuda



Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan

Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-  Penilaian  
   hasil karya


8 jp x 35 menit

Buku PKn, media cetak & elektronik, ensiklopedia
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah






1.4 Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa


Lingkungan alam dan buatan







Kerja sama





§ Siswa dapat memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
§ Siswa mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah

·   Siswa membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah

§ Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
§ Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah


·   Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah


12 jp x 35 menit

Buku IPS, media cetak & elektronik, ensiklopedia
Ilmu Pengetahuan Alam
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana


Penggolongan
makhluk hidup

Siswa mempraktekkan cara memelihara tanaman

Mempraktekkan cara memelihara tanaman



16 jp x 35 menit

Buku IPA, media cetak,



KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Menjaga kesehatan lingkungan
§ Siswa  membuat kliping yang menunjukk jp x 35 menit
§ Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-  Penilaian  
  hasil karya


Media elektronik, ensiklopedia
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
Sifat-sifat benda (padat, cair, gas)
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
§ Siswa mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
§ Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas


MATEMATIKA
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan


1.3  Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka



Garis bilangan




Perkalian dan Pembagian


§ Siswa menentukan posisi pada garis bilangan
§ Siswa menentukan pola pada garis bilangan

§ Siswa mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
§ Siswa mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian

§ Menentukan posisi pada garis bilangan
§ Menentukan pola pada garis bilangan

§ Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
§ Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
§ Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
Teknik
- Tes
- Non tes
Bentuk Tes
- Tertulis
- Lisan
- Pengamatan
-  Penilaian  
  hasil karya
24 jp x 35 menit
Buku Matematika
media cetak & elektronik, ensiklopedia

1.4  Melakukan operasi hitung campuran



2.1  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)






2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat

Operasi hitungan
Campuran


Alat ukur











Hubungan antarsatuan waktu, panjang, dan berat

§ Siswa membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan habis atau tidaknya apabila dibagi dua

§ Siswa menyebutkan jenis alat ukur sederhana
§ Siswa memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
§ Siswa membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
§ Siswa membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam

§ Siswa menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram

§ Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
§ Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
§ Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
§ Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam





§ Menentukan hubungan antar satuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram





Bahasa Indonesia
1.1  Melakukan sesuatu berdasar-kan penjelasan yang disampaikan secara lisan

2.3  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

3.1  Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.2  Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif

Penjelasan secara lisan




Cerita









Membaca nyaring




Menjelaskan isi teks


§ Siswa mendengarkan penjelasan 
§ Siswa menyusun percakapan melalui telepon



§ Siswa memberikan tanggapan dan saran 








§ Siswa membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
§ Siswa memahami isi cerita


§ Siswa menjawab pertanyaan bacaan
§ Siswa memahami isi teks

§ Mendengarkan penjelasan 
§ Siswa menyusun percakapan melalui telepon

§ Memberikan tanggapan dan saran








§ Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
§ Siswa memahami isi cerita

§ Menjawab pertanyaan bacaan
§ Siswa memahami isi teks

Teknik tes
Perbuatan

Bentuk tes
Lisan
Mengarang

24 jp x 35 menit

Buku B.I.
media cetak & elektronik, ensiklopedia

4.1  Menyusun paragraf berdasar-kan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan


Menyusun paragraf

§  Siswa menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
§  Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
§  Siswa menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan sen
§  Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
§  Siswa menulis kalimat menggunakan kata depan di- dan ke-

§  Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
§  Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
§  Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan sen
§  Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
§  Menggunakan kata depan di- dan ke-







SILABUS  TEMATIK 2
TEMA  : PENGALAMAN

Kelas III  Semester 1

Standar Kompetensi


1. Pendidikan Kewarganegaraan        : 1.   Mengamalkan  makna Sumpah Pemuda

2. Ilmu Pengetahuan Sosial                 : 1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

3. Ilmu Pengetahuan Alam                 : 1.   Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada
      mahkluk hidup.
3.      Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

4. Matematika                                     : 1.  Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.      Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

5.  Bahasa Indonesia                           : Mendengarkan
1.      Memahami Penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan

Membaca

3.      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng




KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Pendidikan Kewarganegaan
1.1 Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa


Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

§  Siswa mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§  Siswa menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§  Siswa menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§  Siswa menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§  Siswa menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

§  Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
§  Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§  Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
§  Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
§  Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

Teknik tes
Tertulis

Bentuk tes
Penugasan

6 jp x 35 menit

Buku PKn, media cetak & elektronik, ensiklopedia
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.4 Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa


Kerja sama di lingkungan rumah

§ Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
§ Siswa menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia

§ Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
§ Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
Teknik tes
Tertulis

Bentuk tes
Penugasan

9 jp x 35 menit

Buku IPS
media cetak & elektronik, ensiklopedia
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan  makhluk hidup



1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, olah raga)

3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair dan gas.


Ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup



Perubahan pada makhluk hidup









Sifat-sifat benda

§ Siswa membedakan ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan 

§ Siswa mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
§ Siswa menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran



§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda gas
§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda cair
§ Siswa menyebutkan sifat-sifat benda gas

§ Membedakan ciri-ciri antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan

§ Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
§ Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran



§ Menyebutkan sifat-sifat benda gas
§ Menyebutkan sifat-sifat benda cair
§ Menyebutkan sifat-sifat benda gas

Teknik
Tes
Non tes

Bentuk tes
Tertulis
Perbuatan

12 jp x 35 menit

Buku IPA gambar & elektronik, ensiklopedia
Matematika
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

1.2  Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka

1.3  Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka

1.5  Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang





Garis bilangan



Penjumlahan dan pengurangan



Perkalian dan pembagian




Uang





§ Siswa menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
§ Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
§ Siswa memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian



§ Siswa menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
§ Siswa menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
§ Siswa menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§ Siswa menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang


§ Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
§ Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian


§ Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
§ Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
§ Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
§ Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang

Teknik tes
Tertulis

Bentuk tes
PG, menjodohkan, BS

18 jp x 35 menit

Buku
Matematika
media cetak & elektronik, ensiklopedia
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)






2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
Alat ukur









Hubungan antarsatuan waktu, panjang, dan berat
§ Siswa menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
§ Siswa menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
§ Siswa menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur waktu

§ Siswa menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
§ Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
§ Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
§ Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur

§ Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
Teknik
Non tes


Bentuk
Tugas


Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif



§ Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan

§ Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak

§ Menceritakan pengalaman yang mengesankan



§ Memberikan tanggapan dan saran sederhana



§ Menjelaskan isi teks



§ Siswa mendengarkan penjelasan untuk menolong teman

§ Siswa menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman

§ Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
§ Siswa melakukan percakapan tentang pengalaman
§ Siswa menanggapi cerita pengalaman teman



§ Siswa mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§ Siswa membuat kesimpulan isi bacaan
§ Siswa mengemukakan pendapat tentang isi bacaan

§ Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman

§ Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman

§ Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
§ Melakukan percakapan tentang pengalaman

§ Menanggapi cerita pengalaman teman


§ Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
§ Membuat kesimpulan isi bacaan
§ Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan

Teknik
Non tes


Brentuk
Tugas

18 jp x 35
menit

Buku B.I.
media cetak & elektronik, ensiklopedia






Klik SILABUS KTSP KELAS III SD untuk mendownload.

No comments:

Post a Comment