Monday 2 January 2017

SILABUS KTSP KELAS II SD LENGKAP

Selamat pagi
Berikut ini adalah SILABUS KTSP KELAS II SD LENGKAP.
Link download ada di bagian akhir postingan ini



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





MODEL
SILABUS TEMATIS
KELAS II










 









KATA PENGANTAR
                                                       
 Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.  
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.


SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.










DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
i
SAMBUTAN …………………………………………………………………………………………………………………………………
ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………………………………………
iii


Semester 1

Tema : Peristiwa   ........................................................................................................................................................................
1
Tema : Kesehatan   .....................................................................................................................................................................
15
Tema : Diri Sendiri .......................................................................................................................................................................
22
Tema : Hiburan ............................................................................................................................................................................
29
Tema : Lingkungan ......................................................................................................................................................................
36
Tema : Tempat Umum .................................................................................................................................................................
43


Semester 2

Tema : Hewan dan Tumbuhan ....................................................................................................................................................
51
Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
55
Tema : Budi Pekerti .....................................................................................................................................................................
60
Tema : Kegemaran ......................................................................................................................................................................
65
Tema : Binatang ..........................................................................................................................................................................
69
Tema : Kegiatan Sehati-hari ........................................................................................................................................................
75
Tema : Kesehatan .......................................................................................................................................................................
85
Tema : Lingkungan ......................................................................................................................................................................
89



Buku ini merupakan satu kesatuan dengan buku lain, sebagai berikut:
1.     
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
2.     
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
3.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas I
4.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas II
5.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
6.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
7.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
8.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
9.     
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
11.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
12.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
13.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
14.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
15.  
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
16.  
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
17.  
Standar Kompetensi Lulusan SD
18.  
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
19.  
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
20.  
Model Silabus Tematis Kelas 1 SD
21.  
Model Silabus Tematis Kelas 2 SD
22.  
Model Silabus Tematis Kelas 3 SD
23.  
Model Silabus Kelas 4 SD
24.  
Model Silabus Kelas 5 SD
25.  
Model Silabus Kelas 6 SD
26.  
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD






SILABUS  TEMATIK 1
TEMA  : PERISTIWA
Kelas II  Semester 1
Standar Kompetensi :

1. Bahasa Indonesia                :  Mendengarkan
   1. Memahami teks pendek dan puisi anak dilisankan

Berbicara

2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi

Membaca

3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar, dan membaca puisi anak

Menulis

4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte

2. Matemátika                         :  1. Melakukan Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
   2. Menggunakan Pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

3. Ilmu Pengetahuan Sosial     :  1.  Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara Kronologis

4. Ilmu Pengetahuan Alam     :  1.  Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai
                                                        tempat makhluk hidup.
                                                    2. Mengenal berbagai bentuk benda dan keguanaannya, serta perubahan wujud yang dapat dialaminya

5. Pendidikan Kewarganeraan:  1.  Membiasakan hidup bergotong royong








KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
BELAJAR

Bahasa Indonesia

1.1.   Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri teks pendek


Mendengarkan Bacaan pendek

·      Mendengarkan cerita yang dibacakan guru atau siswa
·      Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan baik lisan maupun tulisan
·      Mengambil intisari dari cerita yang dibacakan dari tokoh dalam cerita tersebut
·      Mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru atau siswa
·      Menjawab pertanyaan cerita yang dibacakan secara lisan
·      Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan

·     Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan






·     Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri

Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
PG, Isian. Menjodohkan



2 jp x 35 menit

Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia
Buku Cerita Pengalaman Siswa

2.1. Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa

Berbicara
·      Bercerita peristiwa yang dialami di depan kelas dalam kegiatan sehari-hari
·      Bertanya jawab dan menanggapi cerita peristiwa tersebut
·      Membuat karangan sederhana peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari
·     Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas
Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Pemberian tugas


4 jp x 35 menit
Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia
Peristiwa yang dialami siswa
Lingkungan

2.2. Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Berbicara
·      Membuat puisi dengan peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari
·      Membacakan puisi di depan kelas dengan ekspresi yang tepat
·     Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
Tehnik
Lisan dan Perbuatan

Bentuk
Pemberian tugas
Portofolio, 
2 jp x 35 menit
Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia kreatifitas siswa

3.1. Menyimpulkan teks pendek (10 - 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
Membaca
·   Membacakan cerita yang dibacaka siswa atau guru
·   Memnjawab pertanyaan bacaan (cerita) secara lisan atau tulisan
·   Menceritakan kembali teks (cerita) dengan menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan
·     Menceritakan teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
Tehnik
Lisan dan tulisan

Instrumen
Portofolio, Perbuatan, Uraian.
4 x 35 ”
Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia
Buku Cerita

4.1. Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik 
Menulis
·   Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kavital, ketepatan, dan kecepatan
·   Menulis pengaalaman yang dialami dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf kapital
·     Menulis pengalaman dengan huruf sambung, memperhatikan ketepatan dan kecepatan
Tehnik
Ttulisan

Bentuk
Non Objektif
Instrumen
Uraian
2 x 35 ”
Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia
Kreatifitas siswa

Matematika

1.1.    Membandingkan bilangan sampai 500


Bilangan cacah

·   Tanya jawab tentang  isi gambar (gambar kelompok banyaknya buah pisang, sendok, gelas, kapur, pinsil dsb)
·   Menyebutkan banyaknya jumlah benda yang ada di sekitar kelas
·    Menceritakan banyaknya jumlah anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya
·   Menceritakan jumlah penduduk yang terkena bencana pada suatu daerah dengan daerah lain berdasarkan hasil pemberitaan dari masmedia

·     Mengelompokkan dengan cara membandingkan kelompok besar dan kelompok kecil



·     Menceritakan jumlah kelompok besar dan kelompok yang kecil berhubungan dengan lingkungan sekitar

Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Pemberian tugas



2 jp x 35 menit

Buku Paket Matematika Kls 2
Gambar Benda
Koran, Majalah

1.2.  Mengurutkan bilangan sampai 500


·    Menyebutkan benda yang sejenis dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
·      Mengelompokkan benda yang sejenis dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
·      Menyusun benda di sekitar dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
·      Menyebutkan susunan bilangan dari yang terkecil sampai yang tebesar atau sebaliknya
·      Menuliskan susunan bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
·     Menyusun bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Pengamatan


2 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2
Lingkungan benda di sekitar
Kreatifitas guru

1.4  Melakukan penjumlahan dan penguranganbilangan sampai 500

Operasi Hitung bilangan
·      Menyebutkan jumlah benda di sekitar sebagai fakta datar
·      Menjumlahkan benda yang satu dengan benda yang lain untuk pembuktian
·      Mengurangkan benda yang satu dengan yang lain untuk pembuktian
·      Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
·      Mencongak
·     Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk 
PG, Isian, Penugasan



6 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2

2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam

Waktu
·      Menyebutkan jumlah jam dalam sehari semalam
·      Menyebutkan bentuk dan ukuran jam
·      Membaca jam yang menunjukkan waktu yang tepat
·      Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah jam
·      Membaca jam digital
·      Menggambar jam yang menunjukkan waktu yang tepat, dan waktu setengah jam
·      Menyebutkan waktu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari
·      Membuat jadwal waktu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari
·     Membaca dan menentukan waktu yang ditunjukan jarum jam












·     Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satu jam


Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Isian, Penugasan


6 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2


2.2 Menggunakan alat ukur panjang, tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan

Ukuran Panjang
·  Menjawab pertanyaan gambar (gambar benda yang panjangnya berbeda)
·  Menyebutkan benda-benda di sekitar yang panjangnya berbeda
·  Mengukur beberapa benda yang ada di sekitar dengan menggunakan alat ukur (penggaris, benang, dsb)
·  Menyebutkan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang
·  Menuliskan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang
·  Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda benda lain
·     Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda lain
Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Isian, Penugasan


8 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2
Gambar Benda
Benda sekitar
Kreatitas guru
Alat ukur panjang

2.3 Menggunakan alat ukur berat
Berat
·      Menjawab isi gambar (beberapa jenis benda dengan berat berbeda)
·      Menimbang benda di sekitar dengan menggunakan tangan atau alat ukur lainnya
·      Membandingkan berat benda yang satu dengan yang lain
·      Menuliskan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain
·     Menentukan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain
Tehnik
Lisan dan tertulis

Bentuk
Isian, Penugasan


6 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2
Alat ukur Berat

2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda

·      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
·     Mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
Tehnik
Ttertulis
Bentuk
 Isian

4 jp x 35 menit
Buku Paket Matematika Kls 2

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.1.   Memelihara Dokumen dan Koleksi Benda berharga miliknya


Dokumen diri dan keluarga

·      Menujukkan dokumen diri dan keluarga, foto diri, dan keluarga)
·      Mengklasifikasikan yang termasuk dokumen diri dan keluarga
·      Menyebutkan yang termasuk dokumen diri dan keluarga
·      Tanya jawab tentang dokumen foto diri dan keluarga
·      Menceritakan peristiwa yang penting dan berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen foto
·      Menuliskan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen foto
·      Menyebutkan perbedaan dokumen dan koleksi barang
·      Menyebutkan benda yang termasu ke dalam dokumen atau koleksi barang
·      Menceritakan peristiwanya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga
·      Menceritakan peristiwa yang dialami tentang cara memelihara dokumen dan koleksi barang-barang keluarga

·     Menunjukkan dokumen diri dan keluarga






·     Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalu dokumen foto 






·     Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga


Tehnik
Lisan dan Tertulis

Bentuk
Isian, Penugasan



8 jp x 35 menit

Buku Paket IPS Kls 2 Dokumen Diri dan Foto keluarga

1.2.   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita

Dokumen keluarga sebagai sumber belajar
·      Menceritakan secara sederhana tentang benda penting keluarga secara lisan
·      Membuat sebuah karangan sederhana melalui benda penting keluarga secara tertulis
·     Membuat cerita sederhana tentang benda penting keluarga baik lisan maupun tulisan
Tehnik
Lisan dan tulisan

Bentuk
Objektif
Non Objektif

Instrumen
Tulisan
2 jp x 35 menit
Buku Paket IPS Kls 2 Dokumen  Keluarga

1.3.   Menceritakan peristiwa penting dalam keluara secara kronologis/ kongkrit

·   Tanya jawab peristiwa penting dalam keluarga 
·   Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis 
·   Membuat cerita sederhana tentang peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·  Tanya jawab tentang keluarga secara sederhana
·   Membuat bagan silsilah keluarga secara sederhana
·     Menjelaskan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis





·     Menyebutkan silsilah dalam  keluarga secara sederhana
Tehnik
Lisan dan Tertulis

Bentuk
Penugasan


6 jp x 35 menit
Buku Paket IPS Kls 2 Dokumen Keluarga
Foto Keluarga

Ilmu Pengetahuan Alam

1.1.   Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

Tubuh hewan dan tumbuhan
·   Menyebutkan bagian-bagian hewan dantumbuhan berdasarkan pengamatan
·   Menceritakan nama hewan dengan cara bergeraknya berdasarkan pengamatan
·   Memperagakan cara bergerak hewan (misalnya menggunakan sayap, perut, dengan berdasarkan pengamatan)
·     Menyebutkan bagian tubuh cara hewan berdasarkan pengamatan. Mis; kaki, perut, sayap, sirip, dsb.

Tehnik
Lisan dan Tertulis

Bentuk
Penugasan
Observasi


2 jp x 35 menit
Buku Paket IPA Kls 2 Gambar Hewan dan tumbuhan Lingkungan sekitar
Kreasi Guru
Hasil Percobaan Pertumbuhan tumbuhan (Kacang-kacangan)
1.2.   Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
·      Mengamati gambar (pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan)
·      Menceritakan isi gambar (pertumbuhan hewan dan tumbuhan) berdasarkan pengamatan
·      Membuat gambar perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan dalam pertumbuhan berdasarkan pengamatan
·      Menceritakan proses perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan baik lisan maupun tulsan
·      Mengadakan percobaan pertumbuahan tanaman secara sederhana
·     Menceritakan perubahan yang dialami hewan (dalam ukuran), dan  pada tumbuhan (proses pertumbuhan) berdasrkan hasil pengamatan
Tehnik
Lisan dan Tertulis

Bentuk
Penugasan
Observasi



4 jp x 35 menit
Buku Paket IPA Kls 2 Gambar Pertumbuhan Hewan dan Manusia Perangkat percobaan pertumbuhan pada tumbuhan
1.4  Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntuntungkan dan membahayakan


·   Menyebutkan berbagai hewan yang menguntungkan dan membayakan berdasarkan hasil pengamatan
·   Menceritakan berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan bagi manusia berdasarkan hasil pengamatan
·   Menuliskan berbagai hewan yang menguntung-kan dan membahayakan bagi manusia berdasarkan hasil pengamatan
·   Menyebutkan berbagai jenis tumbuhan yang berada di sekitar
·   Menemutunjukkan berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia baik  makanan, obat maupun hiasan
·     Memberi contoh berbagai hewan yang menguntung-kan dan membahayakan manusia









·     Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan

Bentuk
Isian
Penugasan
6 jp x 35 menit
Buku Paket IPA Kls 2 Pengalaman Siswa
Kreatifitas guru Masmedia Lingkungan sekitar
2.2. Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat tepung) akibat dari kondisi tertentu
Benda
·   Meryebutkan benda benda di sekitar yang dapat berubah bentuk ataupun tidak
·   Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk berdasarkan percobaan
·   Membuat berbagai bentuk benda dari bahan yang mudah dibentuk misalnya plastisin, tanah liat
·   Mengadakan pameran kelas hasil karya anak
·   Menyebutkan beberapa contoh benda padat yang dapat berubah wujud mejadi benda cair atau sebaliknya berdasarkan hasil pengamatan
·   Melakukan percobaan
·     Mengidentifikasi benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin, tanah liat



·     Dapat membuat berbagai bentuk benda dari bahan yang sudah dibentuk (plastisin), tanah liat 
·     Menyebutkan benda-benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan
Produk

Bentuk
Isian
Penugasan
Observasi

8 jp x 35 menit
Buku Paket IPA Kls 2
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan


·      Menyebutkan beberapa benda di sekitar berikut kegunaannya
·      Memperagakan beberapa benda disekitar berikut kegunaannya
·     Menceritakan benda-benda di sekitar dan memperagakan kegunaannya
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan
Bentuk
PG
Isian
Menjodohkan


Buku Paket IPA Kls 2
Lingkungan sekitar sekolah
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1  Mengenal Pentingnya Hidup Rukun, Saling Berbagi dan Tolong Menolong




Kerukunan


·      Melakukan pengamatan melalui gambar keluarga rukun dan tidak rukun
·      Menyebutkan isi gambar dan membandingkannya

·      Mengidentifikasi ciri-ciri hidup rukun
·  Menceritakan pengalaman siswa tentang hidup rukun
·  Memberi contoh hidup rukun dirumah
·  Menyebutkan perilaku hidup rukun di rumah
·  Bermain peran tentang contoh hidup rukun di rumah
·  Melakukan pengamatan melalui gambar hidup rukun di sekolah
·  Memberi contoh berdasarkan gambar
·  Menyebutkan beberapa contoh perilaku hidup rukun di sekolah
·  Mengidentifikasi contoh-contoh saling berbagi di sekolah
·  Bermain peran tentang contoh-contoh saling berbagi di sekolah
·  Menceritakan manfaat saling berbagi dengan teman di rumah dan di  sekolah



·  Menceritakan pengalaman siswa tentang kerukunan, saling berbagi, dan tolong menolong
·  Menceritakan akibat tidak rukun, tidak saling berbagi dan tolong menolong


·  Menyebutkan ciri-ciri hidup rukun




·     Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun di rumah







·   Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah


·     Menyebutkan contoh-contoh saling berbagi di sekolah

·     Menceritakan manfaat berbagi dengan teman di rumah dan di sekolah

·     Menyebutkan akibat jika tidak rukun, tidak saling berbagi, dan tolong menolong

·     Menyebutkan ciri hidup tolong menolong



Teknik

- Lisan
- Tertulis
- Perbuatan

 

Bentuk

PG, Isian, Menjodohkan





















14 jp x 35 menit































2 jp x 35 menit












Gambar keluarga rukun dan tidak rukun baik di rumah maupun di sekolah




















Gambar saling berbagi kue


















Klik SILABUS KTSP KELAS II SD untuk mendownload.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment