Berikut ini adalah SILABUS KTSP KELAS II SD LENGKAP.
Link download ada di bagian akhir postingan ini
KATA PENGANTAR
Sebagaimana
dijelaskan pada Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun
contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan pedoman kepada para kepala
sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya
tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan
bagian tak terpisahkan dari KTSP. Melalui
model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal.
Sekolah dapat mengembangkan
contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi
sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini, khususnya
kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan
fikiran demi terwujudnya model silabus ini.
Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun silabus untuk
sekolah dasar.
SAMBUTAN
Sebagaimana
ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi
(SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan
bagian kedua Model KTSP.
Panduan Umum
memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai
ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003
dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam
mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP.
Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara
menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya
berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.
Bagian kedua
Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil
pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh
hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat
dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan
kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan
KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan
perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model
silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang
saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan
pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan
kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.
BSNP menyampaikan
penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari
berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan
Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan
terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah
membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang
baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat
diselesaikan.
DAFTAR
ISI
|
|
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………………………………….
|
i
|
SAMBUTAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
ii
|
DAFTAR ISI
…………………………………………………………………………………………………………………………………
|
iii
|
Semester 1
|
|
Tema : Peristiwa
........................................................................................................................................................................
|
1
|
Tema : Kesehatan
.....................................................................................................................................................................
|
15
|
Tema : Diri Sendiri
.......................................................................................................................................................................
|
22
|
Tema : Hiburan ............................................................................................................................................................................
|
29
|
Tema : Lingkungan
......................................................................................................................................................................
|
36
|
Tema : Tempat Umum
.................................................................................................................................................................
|
43
|
Semester 2
|
|
Tema : Hewan dan Tumbuhan
....................................................................................................................................................
|
51
|
Tema : Peristiwa ..........................................................................................................................................................................
|
55
|
Tema : Budi Pekerti
.....................................................................................................................................................................
|
60
|
Tema : Kegemaran
......................................................................................................................................................................
|
65
|
Tema : Binatang
..........................................................................................................................................................................
|
69
|
Tema : Kegiatan Sehati-hari ........................................................................................................................................................
|
75
|
Tema : Kesehatan
.......................................................................................................................................................................
|
85
|
89
|
Buku ini merupakan satu kesatuan
dengan buku lain, sebagai berikut:
1.
|
Peraturan Mendiknas No. 22, 23, 24 Tahun 2006 dan No. 6 Tahun 2007
|
2.
|
Standar Isi
untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
|
3.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas I
|
4.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Tingkat SD/MI Kelas II
|
5.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas III
|
6.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas IV
|
7.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas V
|
8.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Kelas VI
|
9.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
10.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
|
11.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI Agama Islam
|
12.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Kristen
|
13.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Katolik
|
14.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Hindu
|
15.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD Agama Buddha
|
16.
|
Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD
|
17.
|
Standar
Kompetensi Lulusan SD
|
18.
|
Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD
|
19.
|
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SD
|
20.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 1 SD
|
21.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 2 SD
|
22.
|
Model Silabus
Tematis Kelas 3 SD
|
23.
|
Model Silabus
Kelas 4 SD
|
24.
|
Model Silabus
Kelas 5 SD
|
25.
|
Model Silabus
Kelas 6 SD
|
26.
|
Model Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD
|
SILABUS TEMATIK 1
TEMA
: PERISTIWA
Kelas
II Semester 1
Standar
Kompetensi :
1. Bahasa Indonesia : Mendengarkan
1. Memahami teks pendek dan puisi anak
dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar, dan membaca puisi anak
Menulis
4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
2. Matemátika : 1. Melakukan Penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 500
2. Menggunakan Pengukuran waktu, panjang
dan berat dalam pemecahan masalah
3. Ilmu Pengetahuan Sosial : 1.
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara Kronologis
4. Ilmu
Pengetahuan Alam : 1.
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan
dan tumbuhan serta berbagai
tempat makhluk hidup.
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan
keguanaannya, serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
5. Pendidikan
Kewarganeraan: 1. Membiasakan hidup bergotong royong
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||||
Bahasa Indonesia
1.1.
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau
kalimat sendiri teks pendek
|
Mendengarkan Bacaan pendek
|
· Mendengarkan cerita
yang dibacakan guru atau siswa
· Menjawab pertanyaan
sesuai cerita yang didengarkan baik lisan maupun tulisan
· Mengambil intisari
dari cerita yang dibacakan dari tokoh dalam cerita tersebut
· Mendengarkan cerita
yang dibacakan oleh guru atau siswa
· Menjawab pertanyaan
cerita yang dibacakan secara lisan
· Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan
|
· Menjawab pertanyaan
sesuai cerita yang didengarkan
· Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
PG, Isian. Menjodohkan
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Bahasa dan Sastra Indonesia
Buku Cerita
Pengalaman Siswa
|
||||
2.1. Bertanya kepada orang lain dengan
menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
|
Berbicara
|
· Bercerita peristiwa
yang dialami di depan kelas dalam kegiatan sehari-hari
· Bertanya jawab dan
menanggapi cerita peristiwa tersebut
· Membuat karangan
sederhana peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menanyakan atau
menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Pemberian tugas
|
4 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Bahasa dan Sastra Indonesia
Peristiwa yang
dialami siswa
Lingkungan
|
||||
2.2. Mendeklamasikan puisi dengan
ekspresi yang tepat
|
Berbicara
|
· Membuat puisi
dengan peristiwa yang dialami dalam kehidupan sehari-hari
· Membacakan puisi di
depan kelas dengan ekspresi yang tepat
|
· Membuat puisi
dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
|
Tehnik
Lisan dan
Perbuatan
Bentuk
Pemberian tugas
Portofolio,
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Bahasa dan Sastra Indonesia kreatifitas siswa
|
||||
3.1. Menyimpulkan teks pendek (10 - 15
kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
|
Membaca
|
·
Membacakan cerita yang dibacaka siswa atau guru
·
Memnjawab pertanyaan bacaan (cerita) secara
lisan atau tulisan
·
Menceritakan kembali teks (cerita) dengan
menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan
|
· Menceritakan teks
yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
|
Tehnik
Lisan dan
tulisan
Instrumen
Portofolio,
Perbuatan, Uraian.
|
4 x 35 ”
|
Buku Paket
Bahasa dan Sastra Indonesia
Buku Cerita
|
||||
4.1. Menuliskan kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan
penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Menulis
|
·
Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan memperhatikan huruf kavital, ketepatan, dan kecepatan
·
Menulis pengaalaman yang dialami dengan
menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf kapital
|
· Menulis pengalaman
dengan huruf sambung, memperhatikan ketepatan dan kecepatan
|
Tehnik
Ttulisan
Bentuk
Non Objektif
Instrumen
Uraian
|
2 x 35 ”
|
Buku Paket
Bahasa dan Sastra Indonesia
Kreatifitas
siswa
|
||||
Matematika
1.1.
Membandingkan bilangan sampai 500
|
Bilangan cacah
|
·
Tanya jawab tentang isi gambar (gambar kelompok banyaknya buah
pisang, sendok, gelas, kapur, pinsil dsb)
·
Menyebutkan banyaknya jumlah benda yang ada di
sekitar kelas
·
Menceritakan banyaknya jumlah anggota keluarga
yang satu dengan yang lainnya
·
Menceritakan jumlah penduduk yang terkena
bencana pada suatu daerah dengan daerah lain berdasarkan hasil pemberitaan
dari masmedia
|
· Mengelompokkan
dengan cara membandingkan kelompok besar dan kelompok kecil
· Menceritakan jumlah
kelompok besar dan kelompok yang kecil berhubungan dengan lingkungan sekitar
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Pemberian tugas
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
Gambar Benda
Koran, Majalah
|
||||
1.2.
Mengurutkan bilangan sampai 500
|
·
Menyebutkan benda yang sejenis dari yang
terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
· Mengelompokkan
benda yang sejenis dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
· Menyusun benda di
sekitar dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
· Menyebutkan susunan
bilangan dari yang terkecil sampai yang tebesar atau sebaliknya
· Menuliskan susunan
bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
|
· Menyusun bilangan
dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Pengamatan
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
Lingkungan
benda di sekitar
Kreatifitas
guru
|
|||||
1.4 Melakukan
penjumlahan dan penguranganbilangan sampai 500
|
Operasi Hitung
bilangan
|
· Menyebutkan jumlah
benda di sekitar sebagai fakta datar
· Menjumlahkan benda
yang satu dengan benda yang lain untuk pembuktian
· Mengurangkan benda
yang satu dengan yang lain untuk pembuktian
· Menjumlahkan dan
mengurangkan bilangan
· Mencongak
|
· Mengingat fakta
dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
PG, Isian,
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
|
||||
2.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan
satuan jam
|
Waktu
|
· Menyebutkan jumlah
jam dalam sehari semalam
· Menyebutkan bentuk
dan ukuran jam
· Membaca jam yang
menunjukkan waktu yang tepat
· Membaca jam yang
menunjukkan waktu setengah jam
· Membaca jam digital
· Menggambar jam yang
menunjukkan waktu yang tepat, dan waktu setengah jam
· Menyebutkan waktu
yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari
· Membuat jadwal
waktu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari
|
· Membaca dan
menentukan waktu yang ditunjukan jarum jam
· Menyatakan lama
waktu kegiatan dalam satu jam
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Isian,
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
|
||||
2.2 Menggunakan alat ukur panjang, tidak
baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
|
Ukuran Panjang
|
·
Menjawab pertanyaan gambar (gambar benda yang
panjangnya berbeda)
·
Menyebutkan benda-benda di sekitar yang
panjangnya berbeda
·
Mengukur beberapa benda yang ada di sekitar
dengan menggunakan alat ukur (penggaris, benang, dsb)
·
Menyebutkan benda yang lebih panjang, lebih
pendek, atau sama panjang
·
Menuliskan benda yang lebih panjang, lebih
pendek, atau sama panjang
·
Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek,
atau sama panjang dengan benda benda lain
|
· Menentukan benda
yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda lain
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Isian,
Penugasan
|
8 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
Gambar Benda
Benda sekitar
Kreatitas guru
Alat ukur
panjang
|
||||
2.3 Menggunakan alat ukur berat
|
Berat
|
· Menjawab isi gambar
(beberapa jenis benda dengan berat berbeda)
· Menimbang benda di
sekitar dengan menggunakan tangan atau alat ukur lainnya
· Membandingkan berat
benda yang satu dengan yang lain
· Menuliskan benda
yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain
|
· Menentukan benda
yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain
|
Tehnik
Lisan dan
tertulis
Bentuk
Isian,
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
Alat ukur Berat
|
||||
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan berat benda
|
· Menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan berat benda
|
· Mengerjakan soal
cerita yang berkaitan dengan berat benda
|
Tehnik
Ttertulis
Bentuk
Isian
|
4 jp x 35 menit
|
Buku Paket
Matematika Kls 2
|
|||||
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1.
Memelihara Dokumen dan Koleksi Benda berharga
miliknya
|
Dokumen diri dan keluarga
|
· Menujukkan dokumen
diri dan keluarga, foto diri, dan keluarga)
· Mengklasifikasikan
yang termasuk dokumen diri dan keluarga
· Menyebutkan yang
termasuk dokumen diri dan keluarga
· Tanya jawab tentang
dokumen foto diri dan keluarga
· Menceritakan
peristiwa yang penting dan berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga
melalui dokumen foto
· Menuliskan
peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen
foto
· Menyebutkan
perbedaan dokumen dan koleksi barang
· Menyebutkan benda
yang termasu ke dalam dokumen atau koleksi barang
· Menceritakan
peristiwanya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga
· Menceritakan
peristiwa yang dialami tentang cara memelihara dokumen dan koleksi
barang-barang keluarga
|
· Menunjukkan dokumen
diri dan keluarga
· Menceritakan
peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalu dokumen
foto
· Menjelaskan pentingnya
memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga
|
Tehnik
Lisan dan
Tertulis
Bentuk
Isian,
Penugasan
|
8 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPS Kls 2 Dokumen Diri dan Foto
keluarga
|
||||
1.2.
Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga
sebagai sumber cerita
|
Dokumen
keluarga sebagai sumber belajar
|
· Menceritakan secara
sederhana tentang benda penting keluarga secara lisan
· Membuat sebuah
karangan sederhana melalui benda penting keluarga secara tertulis
|
· Membuat cerita
sederhana tentang benda penting keluarga baik lisan maupun tulisan
|
Tehnik
Lisan dan
tulisan
Bentuk
Objektif
Non Objektif
Instrumen
Tulisan
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPS
Kls 2 Dokumen Keluarga
|
||||
1.3.
Menceritakan peristiwa penting dalam keluara
secara kronologis/ kongkrit
|
·
Tanya jawab peristiwa penting dalam
keluarga
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
·
Membuat cerita sederhana tentang peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
·
Tanya jawab tentang keluarga secara sederhana
·
Membuat bagan silsilah keluarga secara sederhana
|
· Menjelaskan
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
· Menyebutkan
silsilah dalam keluarga secara
sederhana
|
Tehnik
Lisan dan
Tertulis
Bentuk
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPS
Kls 2 Dokumen Keluarga
Foto Keluarga
|
|||||
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1.
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
|
Tubuh hewan dan tumbuhan
|
·
Menyebutkan bagian-bagian hewan dantumbuhan
berdasarkan pengamatan
·
Menceritakan nama hewan dengan cara bergeraknya
berdasarkan pengamatan
·
Memperagakan cara bergerak hewan (misalnya
menggunakan sayap, perut, dengan berdasarkan pengamatan)
|
· Menyebutkan bagian
tubuh cara hewan berdasarkan pengamatan. Mis; kaki, perut, sayap, sirip, dsb.
|
Tehnik
Lisan dan
Tertulis
Bentuk
Penugasan
Observasi
|
2 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPA Kls 2 Gambar Hewan dan tumbuhan Lingkungan sekitar
Kreasi Guru
Hasil Percobaan Pertumbuhan tumbuhan (Kacang-kacangan)
|
||||
1.2.
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
|
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
|
· Mengamati gambar
(pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan)
· Menceritakan isi
gambar (pertumbuhan hewan dan tumbuhan) berdasarkan pengamatan
· Membuat gambar
perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan dalam pertumbuhan berdasarkan
pengamatan
· Menceritakan proses
perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan baik
lisan maupun tulsan
· Mengadakan
percobaan pertumbuahan tanaman secara sederhana
|
· Menceritakan
perubahan yang dialami hewan (dalam ukuran), dan pada tumbuhan (proses pertumbuhan)
berdasrkan hasil pengamatan
|
Tehnik
Lisan dan
Tertulis
Bentuk
Penugasan
Observasi
|
4 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPA Kls 2 Gambar Pertumbuhan Hewan dan Manusia Perangkat
percobaan pertumbuhan pada tumbuhan
|
||||
1.4 Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntuntungkan dan membahayakan
|
·
Menyebutkan berbagai hewan yang menguntungkan
dan membayakan berdasarkan hasil pengamatan
·
Menceritakan berbagai hewan yang menguntungkan
dan membahayakan bagi manusia berdasarkan hasil pengamatan
·
Menuliskan berbagai hewan yang menguntung-kan
dan membahayakan bagi manusia berdasarkan hasil pengamatan
·
Menyebutkan berbagai jenis tumbuhan yang berada
di sekitar
·
Menemutunjukkan berbagai tumbuhan di sekitar
yang berguna bagi manusia baik
makanan, obat maupun hiasan
|
· Memberi contoh
berbagai hewan yang menguntung-kan dan membahayakan manusia
· Memberi contoh
berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia
|
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan
Bentuk
Isian
Penugasan
|
6 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPA Kls 2 Pengalaman Siswa
Kreatifitas guru
Masmedia Lingkungan sekitar
|
|||||
2.2. Menunjukkan perubahan bentuk dan
wujud benda (plastisin/tanah liat tepung) akibat dari kondisi tertentu
|
Benda
|
·
Meryebutkan benda benda di sekitar yang dapat
berubah bentuk ataupun tidak
·
Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang
dapat berubah bentuk berdasarkan percobaan
·
Membuat berbagai bentuk benda dari bahan yang
mudah dibentuk misalnya plastisin, tanah liat
·
Mengadakan pameran kelas hasil karya anak
· Menyebutkan
beberapa contoh benda padat yang dapat berubah wujud mejadi benda cair atau
sebaliknya berdasarkan hasil pengamatan
·
Melakukan percobaan
|
· Mengidentifikasi
benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin, tanah liat
· Dapat membuat berbagai
bentuk benda dari bahan yang sudah dibentuk (plastisin), tanah liat
· Menyebutkan
benda-benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya
|
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan
Produk
Bentuk
Isian
Penugasan
Observasi
|
8 jp x 35 menit
|
Buku Paket IPA Kls 2
|
||||
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang
dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
· Menyebutkan
beberapa benda di sekitar berikut kegunaannya
· Memperagakan
beberapa benda disekitar berikut kegunaannya
|
· Menceritakan
benda-benda di sekitar dan memperagakan kegunaannya
|
Tehnik
Lisan
Tertulis
Perbuatan
Bentuk
PG
Isian
Menjodohkan
|
Buku Paket IPA Kls 2
Lingkungan sekitar sekolah
|
||||||
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1
Mengenal Pentingnya Hidup Rukun, Saling Berbagi
dan Tolong Menolong
|
Kerukunan
|
· Melakukan
pengamatan melalui gambar keluarga rukun dan tidak rukun
· Menyebutkan isi
gambar dan membandingkannya
· Mengidentifikasi
ciri-ciri hidup rukun
·
Menceritakan pengalaman siswa tentang hidup
rukun
·
Memberi contoh hidup rukun dirumah
·
Menyebutkan perilaku hidup rukun di rumah
·
Bermain peran tentang contoh hidup rukun di
rumah
·
Melakukan pengamatan melalui gambar hidup rukun
di sekolah
·
Memberi contoh berdasarkan gambar
·
Menyebutkan beberapa contoh perilaku hidup rukun
di sekolah
·
Mengidentifikasi contoh-contoh saling berbagi di
sekolah
·
Bermain peran tentang contoh-contoh saling
berbagi di sekolah
·
Menceritakan manfaat saling berbagi dengan teman
di rumah dan di sekolah
·
Menceritakan pengalaman siswa tentang kerukunan,
saling berbagi, dan tolong menolong
·
Menceritakan akibat tidak rukun, tidak saling
berbagi dan tolong menolong
|
· Menyebutkan
ciri-ciri hidup rukun
· Menyebutkan
contoh-contoh hidup rukun di rumah
·
Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah
· Menyebutkan
contoh-contoh saling berbagi di sekolah
· Menceritakan
manfaat berbagi dengan teman di rumah dan di sekolah
· Menyebutkan akibat
jika tidak rukun, tidak saling berbagi, dan tolong menolong
· Menyebutkan ciri
hidup tolong menolong
|
Teknik
- Lisan
- Tertulis
- Perbuatan
Bentuk
PG, Isian,
Menjodohkan
|
14 jp x 35 menit
2 jp x 35 menit
|
Gambar keluarga rukun dan tidak rukun baik di rumah maupun di sekolah
Gambar saling berbagi kue
|
Klik SILABUS KTSP KELAS II SD untuk mendownload.
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment